Thursday 5 April 2012

Menteri ESDM : Hemat BBM dan Listrik Tekan Beban Subsidi

JAKARTA. Menteri ESDM Jero Wacik kembali menegaskan pentingnya masyarakat melakukan penghematan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan listrik.

"Bila hal-hal kecil dilakukan seluruh rakyat secara kolektif maka akan menekan konsumsi BBM dan listrik sehingga akan mengurangi subsidi," ujar Menteri Jero Wacik pada Konferensi Pers Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN)-Perubahan 2012, di Jakarta, Senin (4/2/2012).

Caranya, lanjut Menteri, bukan tidak boleh menggunakan, tapi mengurangi yang tidak perlu. "Misalnya keluarga bila bepergian diusahakan bersama-sama sehingga tidak perlu satu orang bawa satu mobil, juga mematikan AC saat keluar ruangan," katanya.

Menteri ESDM menuturkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia di satu sisi juga turut menambah beban untuk menyediakan BBM dan listrik. Oleh karenanya Pemerintah juga tengah giat mendorong pembangunan pembangkit listrik berbahan bakar energi alternatif seperti geothermal dan tenaga matahari.

"Pembangkit gas kita perbanyak, geothermal kita dorong, matahari juga kita dorong. Bila energi alternatif kita dorong, makin lama subsidi BBM dan listrik bisa kita tekan," pungkas Jero Wacik. Sumber : http://www.esdm.co.id

No comments:

Post a Comment