Saturday 14 May 2011

Pertamina EP Pangkalansusu Gelar Inhouse Training Aspek HSE

THNews, Pangkalansusu

PT Pertamina EP Pangkalansusu gelar inhouse training aspek HSE (Health, Safety and Environment=Kesehatan, Keselamatan dan Lindungan Lingkungan) dan sistem tata kerja untuk para mitra kerja (pekarya) dalam 6 angkatan di Aula Guest House Bukit Khayangan Pangkalansusu sejak 18 April sd 19 Mei 2011.

Ka.HSE Pertamina EP Pangkalansusu, Mas Rakhmatsyah dalam sambutannya antara lain menyebutkan, tujuan digelarnya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan kepedulian para pekarya terhadap aspek Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Lindungan Lingkungan dalam melaksanakan kegiatan di lingkungan Pertamina EP Pangkalansusu.

Pelatihan ini diselenggarakan terkait dengan visi dan misi HSE, yaitu terlaksananya kegiatan operasi PT Pertamina EP dengan menerapkan Sistem Manajemen dan Teknologi HSE sesuai Standard Nasional dan Internasional. Sedangkan misinya adalah menerapkan manajemen dan teknologi HSE sesuai standard nasional dan internasional guna mencegah kerugian yang diakibatkan oleh kecelakaan kerja, kebakaran/peledakan, pencemaran lingkungan, penyakit akibat kerja dan kegagalan tenaga/operasi lainnya.

“Sesuai dengan visi Pertamina EP 2014 “PEP World Class”, Pertamina EP Pangkalansusu terus berupaya untuk mewujudkannya, salah satunya dengan cara mengadakan training tersebut supaya tertanam kepedulian bahwa HSE is Everybody’s Business,” kata Mas Rakhmatsyah.

Dzahni El Mufaqih Halim, dalam paparan mengenai pengelolaan lingkungan menjelaskan, perusahaan (Pertamina) bertanggungjawab terhadap seluruh limbah yang dihasilkan dari kegiatan yang dilakukan. Oleh sebab itu setiap ceceran minyak harus ditampung di tempat penampungan yang telah disediakan. Limbah tidak boleh dibuang ke dalam saluran drainase atau parit. Bila terjadi pencemaran lingkungan, tumpahan harus segera dibersihkan agar tidak melebar kemana-mana.

“Ini sangat penting untuk jadi perhatian bagi setiap pekerja ataupun pekarya yang bertugas di lokasi sumur minyak maupun di SP/SK,” kata Dzahni.

Dalam pelatihan yang diikuti tidak kurang dari 350 orang, peserta mendapatkan pembekalan pengetahuan mengenai Kebijakan HSE & HSE Golden Rules, Panduan Aspek HSE, Dasar-dasar Ketentuan Aspek HSE, Alat Pelindung Diri (APD), Pengamatan Keselamatan Kerja (PEKA),Surat Izin Kerja Aman (SIKA) &Job Safety Analysis (JSA), Housekeeping, Teknik Dasar Penanggulangan Tumpahan Minyak & Pengelolaan Tanah Terkontaminasi Minyak, Aspek Inspeksi Sarana dan Fasilitas serta Dasar-dasar Kebakaran yang disampaikan oleh pembicara dari HSE Pertamina EP Pangkalansusu, yaitu Dzahni El Mufaqih Halim dan Dani Haru Ciptadi. Sedangkan dari Fungsi PML (Pemeliharaan) dan Produksi instrukturnya antara lain adalah Kodrat, Adi Handoyo, Ajik Dewanto dan Guruh Prasetyo.

No comments:

Post a Comment