Saturday 28 May 2011

Pelatihan Oil Spill Respone dan Sertifikasi IMO Level-1 di Pertamina EP Pangkalansusu

Suhendar Wijaya saat menyampaikan paparannya kepada peserta pelatihan dan sertifikasi IMO Level-1

THNews.com

Sebagai salah satu Pelabuhan Khusus Migas yang ada di jajaran PT Pertamina (Persero), Pertamina EP Pangkalansusu telah menggelar Inhouse Training Oil Spill Respone dan Sertifikasi IMO (International Marine Organization = Organisasi Pelayaran Internasional) Level-1 Angkatan ke VI di Aula Pertemuan Guest House Bukit Khayangan Pangkalansusu.

Manajer Pertamina HSE Training Center Sungai Gerong, Suhendar Wijaya kepada Telukharunews.com saat jam istirahat pelatihan menyebutkan, selain untuk sertifikasi IMO Level-1, pelatihan Oil Spill Respone yang berlangsung sejak tanggal 23 sampai 26 Mei 2011 bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan dengan pembekalan berbagai macam pengetahuan teknis bagi para petugas lapangan yang terlibat langsung dalam operasi pembersihan tumpahan minyak di laut maupun di garis pantai.

Sedang topik pembahasan yang disampaikan oleh instruktur Suhendar Wijaya dan Jhony Algamar antara lain meliputi masalah regulasi nasional dan International, National Contingency Plan / Rencana tanggap darurat termasuk mengenai sifat-sifat minyak di air; Proses dan dampaknya terhadap lingkungan; Dispersant, jenis dan perhitungan pemakaian serta tipe, fungsi dan pengoperasian alat LLP

Dalam arahannya kepada para peserta pelatihan, Suhendar mengharapkan kepada para peserta pelatihan agar dapat memahami masalah keselamatan, kesehatan kerja dan lindungan lingkungan melalui buku panduan HSE Guidelines yang telah diberikan kepada para peserta, sehingga para peserta dapat mempersiapkan dan melindungi diri dari potensi bahaya yang mungkin ada di sekitar tempat bekerja atau yang timbul dalam pelaksanaan tugas atau pekerjaan yang lakukan.

Suhendar menyebutkan, isi buku panduan HSE Guidelines ini dibagi dalam 4 (empat) bagian/modul, yakni ; Personal Safety, Health, Environment dan Process Safety.

“Bacalah panduan ini dan praktekanlah dalam menjalankan tugas. Beberapa item dalam panduan ini perlu didalami melalui Sistem Tata Kerja, standard dan literature lain, oleh karena itu jika ada masalah atau ditemukan sesuatu yang tidak jelas dalam panduan ini, segera temui/hubungi atasan atau personil HSE untuk mendapatkan informasi yang benar. Sehingga di dalam melaksanakan pekerjaan saudara dapat terhindar dari paparan bahaya, demikian juga rekan kerja dan asset di sekitar saudara,” kata Suhendar.
Selain kegiatan inhouse training, para peserta yang berjumlah tidak kurang dari 30 orang juga melakukan drill penggelaran oil boom di perairan Pelsus Pangkalansusu yang dibagi dalam 7 regu, yaitu Regu Oil Boom 1 dan 2; Regu Skimmer ; Regu Dispersant ; Regu Oil Floating Storage; Regu Husky dan Regu Rubber Boat/RIB (Rescue). Dalam kegiatan yang dipandu langsung oleh Suhendar melibatkan 3 speedboat dan 1 tugboat.

Patuan Pasaribu selaku Pjs FM Pertamina EP Pangkalansusu dalam sambutan penutupan Pelatihan dan Sertifikasi IMO Level-1, mengharapkan kepada para peserta agar dapat mengimplementasikan materi yang dipelajari yang telah diserap selama 3 hari. Selain itu, Patuan juga menyampaikan terima kasih kepada Tim Pembimbing dari HSE Training Centre Sungai Gerong, Palembang yang dipimpin langsung oleh Suhendar.

No comments:

Post a Comment