Wednesday 8 May 2013

Masuki Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 Daya Saing Kita Diharapkan Lebih Tinggi di ASEAN

Ist.
JAKARTA- Pemerintah menetapkan membentuk komite nasional untuk memastikan Indonesia siap memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. Diharapkan tidak ada satu sektor pun yang tidak siap. "Daya saing kita harus setara, atau diharapkan sebagian lebih tinggi dibandingkan negara ASEAN yang lain," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Presiden menyampaikan hal ini pada penutupan rapat paripurna kabinet di Kantor Presiden, Rabu (8/5) siang. Rapat membahas perkembangan perekonomian terkini dan RAPBN-P 2013.

Dengan diberlakukannya pasar tunggal ASEAN tersebut, lanjut SBY, perekonomian ASEAN lebih terintegrasi. Dalam konteks ini daya saing dan kesiapan sangat diperlukan. "Oleh karena itu, daripada mengeluh dan merasa tidak siap terus, kita lakukan segala sesuatunya untuk menyiapkan diri kita," Presiden menegaskan.

Seperti diketahui, ASEAN Economic Community (AEC) akan mulai diberlakukan tahun 2015. AEC memiliki tujuan untuk menjadikan ASEAN kawasan ekonomi yang terintegrasi dengan beberapa karakteristik, diantaranya pasar tunggal dan basis produksi, kawasan ekonomi berdaya saing tinggi, wilayah pembangunan ekonomi yang adil, dan kawasan yang terintegrasi dalam ekonomi global.

twitter: @websitepresiden

Sumber: www.presidenri.go.id

No comments:

Post a Comment