Friday 3 May 2013

Dari Anjungan KRI Makassar, SBY Saksikan Aksi Penembakan Meriam

Menggunakan teropong, Presiden SBY menyaksikan Latgab TNI 2013 dari anjungan KRI Makassar 509, di perairan laut Bangkalan, Madura, Kamis (2/5) siang. (foto: abror/presidenri.go.id)
MADURA, Jawa Timur - Dari atas anjungan Wing Bridge KRI Makassar bernomor lambung 509, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyaksikan Latihan Gabungan (Latgab) TNI 2013, Kamis (2/5) siang. Kapal perang milik TNI-AU ini sedang berada di perairan laut Bangkalan, Madura, Jawa Timur, lokasi latgab.

Saat itu, latgab menampilkan aksi penembakan MFT, ADEX, Screnex, Aswex, Crross Deck Hely, RAS, SUL, Sag Ex (penembakan meriam 76 mm), dan sailing pass (formasi penghormatan). Latgab TNI 2013 ini berlangsung hingga 29 Mei nanti dan melibatkan 16.745 prajurit TNI AD, AU dan AL. Selain di perairan Jawa, Latgab juga akan dilaksanakan di Bima (Nusa Tenggara Barat) dan Sangata (Kalimantan Timur).

Sesaat sebelum mengakhiri peninjauan pertama proses Latgab TNI 2013, Presiden sempat membagikan 'kabinda', yaitu makanan khas para TNI yang selalu tersedia di kapal perang. "Siapa yang mau coba?" tanya Presiden SBY kepada wartawan yang menyertai peninjauan.

Setelah santap siang, mengenakan seragam berwarna coklat dengan rompi bermotif TNI, serta kacamata hitam, Presiden SBY menyaksikan atraksi penembakan Exocet MM400 Blok II dari KRI Sultan Iskandar Muda, penembakan rudal C802 dari KRI Abdul Halim Perdanakusuma, dan penembakan Torpedo SUT dari KRI Cakra. Presiden didampingi, antara lain, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono.

Ada banyak armada perang terlibat dalam latgab ini. TNI AD mengerahkan 14 tank scorpio, 5 tank stormer APC, 13 tank AMX, 21 meriam, dan 12 Helikopter Mi-17. Sedangkan TNI AL mengerahkan 36 kapal perang (KRI) berbagai jenis, 2 unit roket multilaras RM 70 Grad, dan 2 ribu prajurit Marinir. Adapun TNI AU akan menyertakan 5 pesawat Sukhoi SU 27/30, 5 pesawat Hawk SPO, dan 5 pesawat F16 serta 4 heli EC-120 Colibri.

Malam nanti, Presiden SBY masih akan menyaksikan rangkaian latihan AAROFEX.

Besok, Jumat (3/5) pukul 05.25 WIB, Presiden SBY dan rombongan akan ke Pantai Banongan, Asembagus, Situbondo. Bersama Wapres Boediono yang bergabung di sana, SBY akan menyaksikan kegiatan lain masih dalam rangkaian Latgab TNI 2013.

twitter: @wesbitepresiden


No comments:

Post a Comment