Thursday 1 December 2011

169 Ribu Pohon Sudah Ditanam Di Kabupaten Langkat

TelukHaruNews

Bupati Langkat, H.Ngogesa Sitepu,SH dalam sambutan tertulis yg dibacakan oleh Asisten-I Drs.Astaman menyebutkan, Indonesia merupakan negara terbesar ke-3 yang memiliki hutan tropis, yaitu sekitar 138 juta hektar yang memiliki kekayaan alam luar biasa dan dianggap sebagai paru-paru dunia. Namun beberapa tahun terakhir ini memiliki persoalan besar dengan terjadinya degradasi hutan dan lahan, perambahan kawasan, kebakaran hutan dan tindak kejahatan hutan lainnya. Dengan laju deforestasi sebesar 1,17 juta hektar pertahun, maka Indonesia dinilai sebagai salah satu negara yang turut andil dalam terjadinya pemanasan global.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, berdasarkan hasil penelitian para ahli bahwa deforestasi menyumbang 18 persen emisi rumah kaca total dunia, 75 persen berasal dari negara berkembang. Diperkirakan emisi dari deforstasi di negara berkembang akan terus meningkat sejalan dengan pertabahan jumlah penduduk dan untuk keperluan pembangunan.

Oleh sebab itu pemerintah Indonesia segera mencanangkan untuk melakukan penanaman 1 milyar pohon sampai akhir Januari 2012 dengan melibatkan seluruh komponen bangsa.
Sebelumnya, Kadis Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Langkat, Ir.Supandi Tarigan menyebutkan, Pemerintahan Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat termasuk siswa-siswi SMP, SMA, Mahasiswa Pecinta Alam, Pramuka serta TNI-POLRI telah melakukan penanaman 169 ribu pohon di daerah ini.

Hal itu dilakukan sebagai tindaklanjut atas komitmen Indonesia pada KTT Perubahan Iklim Tahun 2009 di Kopenhagen untuk mengurangi emisi karbon sebesar 26 sd 41 persen pada tahun 2020, dan adanya Surat Kementerian Kehutanan RI No.S.541/Menhut-II/2011 tanggal 12 Oktober 2011 perihal Penyelenggaraan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tahun 2011. Tambah Supandi pada puncak acara HMPI-BMN Tingkat Kabupaten Langkat yang dipusat di Pangkalansusu, Selasa (29-11-2011).
Dalam laporannya, Supandi menyebutkan bahwa pepohonan yang telah dan akan ditanam meliputi Mahoni, Jabon, Asam Jawa, Bakau, Mangga, Rambutan dan jenis tanaman lainnya adalah bantuan dari Kementerian Kehutanan Republik Indonesia. Sedangkan pendistribusiannya dikordinir oleh para kader penghijauan Kabupaten Langkat yang ada di setiap kecamatan.

Pada bagian lain dia juga menjelaskan, penanaman pohon lanjutan akan dilaksanakan sampai Januari 2012 dengan menanam sebanyak 69.000 pohon di 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Langkat, dan masing-masing kecamatan kebagian sebanyak 3000 pohon.

Sedangkan pada hari ini (29/11) sebanyak 5000 pohon pengijauan akan ditanam di wilayah Teluk Haru, dan ditargetkan sampai akhir Desember 2011 sudah terealisasi penanaman 220.000 pohon di Kabupaten Langkat.

Usai acara puncak, diawali oleh Asisten-I, Drs.Astaman mewakili Bupati Langkat disusul Ketua Penggerak PKK Kabupaten Langkat, Camat Pangkalansusu, Drs. Syukhyar Mulyamin, Msi, FM Pertamina EP Pangkalansusu diwakili oleh Nasbin dan lainnya telah dilakukan penanaman pohon di areal Gelanggang Olahraga Pangkalansusu di Jalan Tambang Minyak.

No comments:

Post a Comment