Thursday 13 January 2011

PT (Persero) Pelindo I Lakukan Pembohongan Publik




Pangkalansusu,TelukHaruNews

PT (Persero) Pelabuhan Indonesia I dituding telah melakukan pembohongan publik terkait dengan rencana mengalihfungsikan dermaga eks Japex yang berada dalam kawasan Pelabuhan Khusus Migas Pertamina Pangkalan Susu untuk dijadikan Pelabuhan Umum.

Pasalnya, pihak PT Pelindo I melalui Direktur Utamanya, Harry Sutanto, dihadapan Menteri Negara BUMN, Sofyan A. Djalil dan Menteri Perhubungan, Jusman Syafei Djamal serta Bupati Langkat, Ngogesa Sitepu telah menyatakan siap untuk menjadikan dermaga eks Japex sebagai Pelabuhan Umum.

Menurut pemuka masyarakat Pangkalan Susu, H. Khalid Batubara yang juga adalah mantan ABK kapal trayek manca negara, pernyataan Dirut PT (Persero) Pelindo I, Harry Sutanto secara tegas sudah tersurat di dalam MoU (Memorrandum of Understanding = Nota Kesepahaman) yang ditandatanganinya bersama Direktur Umum dan Sumber Daya Manusia PT Pertamina (Persero), Waluyo pada tanggal 20 Agustus 2009 di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta.

Di dalam MoU itu ada disebutkan bahwa PT Pelindo I akan melakukan rehabilitasi dan pengembangan fasilitas serta penyiapan peralatan terminal yang dibutuhkan untuk pengoperasian Pelsus Pertamina Pangkalan Susu, dan fasilitas pendukungnya sebagai pelabuhan khusus yang dapat melayani kepentingan umum.

Selain itu, pihak PT Pelindo I juga akan menyelesaikan pengurusan perijinan yang dibutuhkan untuk pengoperasian pelabuhan tersebut kepada otoritas maritim dan pihak lainnya dengan beban biaya PT Pelindo I.

Sementara dari pihak Pertamina sudah memberi kewenangan kepada PT Pelindo I untuk mengoperasikan Pelsus milik Pertamina di Pangkalan Susu berikut fasilitas pendukungnya yang mencakup areal tanah yang terdapat di sekitar Pelsus.

“Akan tetapi kenapa sampai hari ini (12/1/2011, red.) pihak PT Pelindo I belum melaksanakan janji yang tersurat dalam MoU yang telah ditandatanginya,” kata Mushal Lubis kepada Pers yang mewawancarainya dengan nada kecewa dan kesal karena merasa dipermainkan oleh pihak Pelindo I.

“ Kalau memang pihak Pelindo I tidak mampu, hendaknya MoU itu jangan dibuat. Ini sama artinya bukan hanya mempermalu diri sendiri, tapi juga sudah mempermalukan Menteri Negara BUMN dan Menteri Perhubungan serta Bupati Langkat yang turut menyaksikan pelaksanaan penandatanganan MoU tersebut,” celoteh Freddy Ilhamsyah PA, salah seorang Dewan Penasehat DEPI Ancab SOKSI Pangkalan Susu.

Masyarakat Langkat khususnya Pangkalan Susu dan sekitarnya mengharapkan semoga hal ini menjadi perhatian serius untuk Menteri Perhubungan, Meneg BUMN dan anggota DPD MPR RI utusan Sumatera Utara, Drs. Parlindungan Purba, SH serta Komisaris Utama PT Pelindo, Harijogi. Pelindo I...Sehat, Kuat, dan HEBAT ! (F1)

No comments:

Post a Comment