Tuesday 1 September 2015

Peringatan Dini Cuaca Ekstrim Tanggal 01 Sampai 03 Septemer 2015



JAKARTA, Telukharunews.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Jakarta dalam situs nya pada Senin, 31 Agustus 2015 pukul 17:08 WIB telah melakukan pemutakhiran data tentang Peringatan Dini Cuaca Ekstrim yang berlaku untuk tanggal 01 sampai 03 September 015 terkait dengan adanya perlambatan kecepatan angin terjadi di Samudera hindia sebelah Barat Sumatera bag Utara dan konvergensi di Kalimantan bagian Utara yang mempengaruhi pertumbuhan awan hujan di daerah sekitarnya. Kelembaban udara cukup tinggi di wilayah Sumatera bagian Utara, Kalimantan, Papua Barat dan Papua. Kondisi ini mendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.

Akibat adanya kondisi tersebut di atas, maka diperkirakan akan menyebabkan beberapa wilayah di Indonesia berpotensi hujan lebat yaitu di Aceh, Sumatera Utara bagian Utara, Kalimantan Barat bagian Utara dan Kalimantan Utara.
Sementara terkait dengan adanya awan gelap (cumulonimbus) di lokasi tersebut (lihat peta) dapat menimbulkan angin kencang dan menambah tinggi gelombang.

Daerah yang berpotensi Hujan Lebat disertai Petir berpeluang terjadi di Perairan Kepulauan Mentawai – Padang, dan Teluk Cendrawasih. (fi)

Sumber: BMKG

No comments:

Post a Comment