Thursday 24 September 2015

Info Banyak Jamaah Indonesia Jadi Korban Peristiwa Mina Menyesatkan



Ka. Daker Makkah Arsyad Hidayat


MAKKAH (Pinmas), Kepala Daker Makkah Arsyad Hidayat memastikan bahwa informasi yang berkembang melalui pesan berantai yang menyebutkan angka korban mencapai 32 orang berikut daftar namanya adalah tidak benar dan tidak valid.

“Mohon agar informasi terkait pemberitaan tersebut segera ditarik dan tidak disebarluaskan” tegas Arsyad, Kamis (24/09).

Selain itu, ada juga informasi yang menyebutkan korban hingga mencapai angka 39 orang. Itupun dipastikan Arsyad sebagai informasi yang tidak benar dan menyesatkan. “Mohon kerjasama seluruh media untuk tidak memberitakan hal tersebut.  Update  informasi terkait Peristiwa Mina, silahkan komunikasikan dengan  media center haji,” jelasnya.

Sehubungan dengan peristiwa Mina yang menimpa jamaah haji yang akan melakukan Jumrah Aqabah, Kamis (24/09) pagi tadi, beredar kabar bahwa menyebut korban dari jamaah haji Indonesia mencapai puluhan. Informasi tersebut bahkan disertai dengan daftar nama jamaah yang setelah ditelusuri ternyata tidak valid.

Pada bagian lain Arsyad menjelaskan, peristiwa diduga terjadi karena adanya jamaah yang akan melakukan jumrah Aqabah tiba-tiba terhenti di jalan Arab 204. Karena terhenti, jamaah yang berada pada barisan belakang mendorong jamaah yag di depan sehingga berdesakan dan banyak perempuan dan orang tua yang jatuh menjadi  korban.

Untuk memastikan apakah ada korban dari jamaah Indonesia, Arsyad mengatakan bahwa Tim PPIH sudah turun di tempat kejadian peristiwa (TKP) dan  di RS Mina Al-Jisr, tempat  banyak korban dievakuasi ke rumah sakit tersebut. “Berdasarkan info tim di lapangan, ada satu korban jamaah haji Indonesia. Sampai saat ini korban tersebut sedang diidentifikasi dan mudah-mudahan dalam waktu yang tidak begitu lama akan segera disampaikan identitas dan kloter asal jamaah haji tersebut,” jelasnya.

Jumlah korban meninggal dunia sampai dengan saat ini ada 220 orang dengan korban luka 450 jamaah dan itu kebanyakan dari jamaah dari Negara wilayah Arab dan Afrika (Mesir). “Info terkait peristiwa Mina, hubungi hotline kami di +966543603154,” tandas Arsyad.

Sumber: Situs resmi Kementerian Agama RI

Editor: Freddy Ilhamsyah PA


No comments:

Post a Comment