Friday 18 September 2015

Peringatan Cuaca Signifikan dan Tinggi Gelombang Laut Tanggal 19 September 2015



JAKARTA, Telukharunews.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Jakarta pada Kamis, 18 Septemer 2015 dalam websitenya telah mengeluarkan Peringatan Cuaca Signifikan untuk Sabtu, 19 Septemer 2015 di beberapa wilayah Indonesia sebagai berikut :

Prakiraan Cuaca Propinsi Nusa Tenggara Barat:
Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Utara dan Selatan Nusa Tenggara Barat yang mencapai 2,5 meter.

Prakiraan Cuaca Propinsi Kalimantan Barat:
Waspada Hujan berpotensi disertai Guntur.

Prakiraan Cuaca Propinsi Kalimantan Selatan:
Waspada Kabut Asap pada Pagi hari pukul 05.00 - 09.00 WITA mengurangi Jarak Pandang hingga < 500 meter serta Suhu Udara Maksimum > 36 C.

Prakiraan Cuaca Propinsi Sulawesi Selatan:
Waspada!

  • Gelombang dengan Ketinggian>2 sampai 3 meter diprakirakan terjadi di Perairan Kota Baru, Perairan Barat Sulawesi Selatan dan Laut Flores.
  • Gelombang dengan Ketinggian >3 sampai 4 meter diprakirakan terjadi di Selat Makassar bagian Selatan, Perairan Kepulauan Sabalana dan Kepulauan Selayar.

Prakiraan Cuaca Propinsi Maluku Utara:
Waspada!! Tinggi Gelombang Maksimum mencapai 2,5 meter berpotensi terjadi di Laut Maluku bagian Utara dan Laut Halmahera.

Prakiraan Cuaca Propinsi Bengkulu:
Waspada Gelombang Tinggi 2 sampai 4 meter dapat terjadi di Perairan Bengkulu, Enggano dan Samudera Hindia Barat Bengkulu.

Prakiraan Cuaca Propinsi Jambi:
Waspada Asap Akibat Kebakaran Lahan dan Hutan.

Prakiraan Cuaca Propinsi Aceh:
Perlu diwaspadai Potensi Hujan Sedang hingga Lebat yang dapat disertai Kilat/Petir dan Angin Kencang di sebagian Wilayah Tenggara, Tengah dan Selatan Aceh.

Prakiraan Cuaca di Perairan :

Akibat adanya awan gelap (Cumulonimbus) di lokasi tersebut dapat menimbulkan Angin Kencang dan menambah Tinggi Gelombang. Daerah perairan yang berpotensi Hujan Lebat disertai Petir berpeluang terjadi di Laut Andaman, Perairan utara Sabang, Perairan barat Aceh, Laut Natuna dan Perairan Singkawang. ***

Sumber: Meteo BMKG
Editor: Freddy Ilhamsyah PA

No comments:

Post a Comment