Monday 27 October 2014

Presiden RI : Saya Titipkan Sektor ESDM Yang Sangat Strategis Kepada Sudirman Said


Menteri ESDM yang baru, Sudirman Said (foto ESDM)

JAKARTA – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Minggu sore (26/10/2014) menunjuk Sudirman Said untuk memimpin Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral lima tahun kedepan dalam Kabinet Kerja 2014-2019, demikian Presiden menamakan Kabinetnya. Sudirman saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Pindad dan sebelumnya menjabat sebagai sebagai Wakil Direktur PT Petrosea.

“Proses pemilihan penetapan Menteri ini saya lakukan dengan hati-hati dan cermat, karena Menteri ini akan bekerja selama lima tahun dan kita ingin mendapatkan orang-orang yang terpilih, orang-orang yang bersih, sehingga kita mengkonsultasikan kepada KPK dan PPATK karena kita ingin akurat, karena kita ingin tepat, dan kita semua tentunya percaya kepada KPK dan PPATK,” ujar Presiden RI, Joko Widodo mengawali sambutannya.

“Yang kita pilih, selain kemampuan dibidangnya juga mempunyai operasional leadership yang baik”, lanjut Joko Widodo.

Selanjutnya, Presiden menunjuk Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said.  “ESDM adalah sektor yang sangat besar,  dan saya titipkan sektor yang sangat strategis ini kepada Sudirman Said. Sudirman Said adalah seorang manajerial yang handal, aktivis anti korupsi, pernah sebagai Direktur Eksekutif Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI) dan saat ini adalah Direktur Utama PT Pindad,” ujar Presiden.

Berikut biodata Sudirman Said. Sudirman Said dilahirkan di Brebes, 16 April 1963, Beliau Menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (Pendidikan Diploma pada tahun 1984 & pendidikan Sarjana pada tahun 1990), kemudian pada tahun 1994 beliau melanjutkan di George Washington University, Washington DC, USA untuk program Master of Business Administration, Majoring in Human Resources Management and Organizational Behavior & Development.

Sebelum diangkat menjadi Direktur Utama di PT. Pindad (Persero), beliau telah berpengalaman di berbagai institusi dan perusahaan. Pada tahun 2003-2005 beliau menjabat sebagai Direktur Keuangan & Administrasi di PT. Petrokimia Nusantara Interindo. Beliau juga pernah menjadi  Staf Ahli Direktur Utama PT Pertamina (Persero) pada tahun 2007-2008. Sebelum menjadi Direktur Utama di PT. Pindad (Persero), beliau beraktivitas di Indika Energy Group antara lain menjabat sebagai Direktur Eksekutif, APEC CEO Summit 2013 dan terakhir sebagai Wakil Direktur Utama PT. Petrosea, Tbk.

Sumber : esdm

No comments:

Post a Comment