Saturday 25 October 2014

Awal November 2014 TAC Pertamina-Eksindo TSD Tajak Sumur ATD-V Di Desa Telaga Said



FM TAC Pertamina-Eksindo Telaga Said Darat, H.Aswin saat memberi sambutan. Foto THNews

PANGKALAN BRANDAN, Telukharunews.com - Usai pelaksanaan penajakan ATD-I di Dusun VII, Desa Lama Baru, TAC (Technical Assistance Contract) Pertamina-Eksindo Telaga Said Darat kembali mengadakan sosialisasi rencana penajakan sumur kedua ATD-V  di Dusun V Sukaramai, Desa Telaga Said, Jum’at (24/10).

Kepala Desa Telaga Said Sujono dalam sambutan selamat datang menyatakan pemerintah desa mendukung sepenuhnya pelaksanaan pemboran sumur  ATD- V yang direncanakan berlokasi di Dusun V Sukaramai. “Partisipasi masyarakat sangat diharapkan agar kegiatan operasional Eksindo di desa kita dapat berjalan lancar dan sukses,” ucap Sujono.
Camat Sei Lepan Drs.Wagito.S  mengapresiasi Eksindo yang terus berupaya untuk mendapatkan cadangan minyak baru di struktur Telaga Said. Foto THNews
Menurut Sarjono apabila eksplorasi sumur ATD-V berhasil memproduksikan minyak, maka secara langsung maupun tidak langsung dapat peningkatkan perekonomian warga setempat.

Sementara Field Manager TAC Pertamina-Eksindo Telaga Said Darat H. Aswin mengucapkan syukur bahwa Pemerintah dan masyarakat Desa Telaga Said telah menyatakan dukungan sepenuhnya terhadap rencana eksplorasi sumur ATD-V yang akan dilaksanakan pada November mendatang. “ Tanpa dukungan dari seluruh elemen masyarakat dan pemerintah setempat, mustahil pengeboran yang direncanakan dapat terlaksana dengan baik,” ujar Aswin.

Razali AR Foto THNews
Menyinggung tentang pemanfaatan tenaga kerja lokal yang akan dipekerjakan dalam pelaksanaan penajakan sumur ATD-5 , staf Eksindo Razali AR dalam acara sosialisasi di Aula Kantor Kepala Desa Telaga Said menginformasikan, untuk tenaga kerja skill semuanya sudah terisi. Sedangkan untuk tenaga kerja nonskill peluang kerja masih ada, tapi jumlahnya terbatas sesuai kebutuhan. Untuk tindak lanjutnya pihak perusahaan akan berkoordinasi dengan pemerintahan desa setempat.

Menanggapi pertanyaan dari Misro (warga setempat) terkait dengan pembinaan usaha mikro dan bantuan social lainnya untuk warga setempat, Supervisor HSE Harun Rasyid menjelaskan, program CSR maupun mitra binaan memang sudah diatur oleh pemerintah, dan ketentuan itu juga berlaku di setiap perusahaan, termasuk Pertamina dan Eksindo. “Namun dengan catatan saat ini Eksindo belum berproduksi, maka program  tersebut belum dapat dilaksanakan,” kata Harun.

Camat Sei Lepan Drs.Wagito.S  mengapresiasi Eksindo yang terus berupaya untuk mendapatkan cadangan minyak baru di struktur Telaga Said, meskipun pengeboran perdana sumur ATD-I di Dusun VII, Desa Lama Baru belum lama ini, tidak membuahkan hasil.

Lebih lanjut Wagito menyebutkan, bahwa minyak yang diperoleh bukan hanya untuk Eksindo, tetapi energi minyak juga dibutuhkan oleh semua pihak. "Oleh sebab itu dia berharap kepada masyarakat khususnya warga DesaTelaga Said dapat mendukung dan mendoakan agar usaha eksplorasi berhasil sesuai harapan kita bersama", katanya.
FM TAC Pertamina-Eksindo Telaga Said Darat, H.Aswin didampingi Camat Sei Lepan Wagito saat memberi bantuan sembako. Foto THNews
Dalam sesi tanya-jawab Ketua LPMD Desa Telaga Said, Ibrahim mengucapkan terima kasih kepada Field Manager Eksindo, H.Aswin yang telah memperbaiki infrastruktur badan jalan yang selama ini sulit untuk dilalui warga kini sudah bagus dan lebar sehingga masyarakat dapat beraktivitas secara lancar.

Menjawab pertanyaan Pers, Humas Eksindo Telaga Said Darat, Irwan Hasri Kantan SE disela-sela acara sosialisasi menyebutkan, selain sosialisasi rencana penajakan ATD-V, perusahan juga memberikan santunan berupa 60 paket sembako kepada warga Desa Telaga Said. (fi)

No comments:

Post a Comment