Friday 4 October 2013

PT Pertamina EP Asset-1 Pangkalansusu Field Gelar Pelatihan Pembuatan Kue Berbasis Tepung

PANGKALANSUSU (Telukharunews.com) – PT Pertamina EP Asset-1 Pangkalansusu Field menggelar Pelatihan Pembuatan Kue Berbasis Tepung selama 6 hari kepada 20 anggota PKK Desa Securai Selatan sejak 30 September sampai 5 Oktober 2013 melalui Program CSR (Corporate Social Responsibility) dengan mendatangkan instruktur dari Bogasari Baking Center Medan.

Tujuan Pertamina EP menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Kue Berbahan Dasar Tepung adalah agar para peserta program pelatihan ini dapat berwira-usaha secara mandiri dalam menjalankan usaha industri rumahtangga secara kecil-kecilan untuk menghasilkan produk panganan ringan berupa aneka ragam roti dan jenis kue-kue lainnya. Ungkap FM Pertamina EP Asset 1 Pangkalansusu, Dirasani Thaib dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Vintorio Chatra Primantara.

“Harapan kami, semoga ketrampilan yang diterima ibu-ibu selama mengikuti pelatihan akan menjadi bekal tambahan untuk lebih mandiri dan meningkatkan karyanya tanpa harus bergantung pada orang lain,” kata FM Pertamina EP Asset 1 Pangkalansusu, Dirasani Thaib dalam sambutan pada pelatihan yang diselenggarakan di Aula Kantor Kades Securai Selatan, Rabu, 3 Oktober 2013.

Dengan demikian, tambah Dirasani, apa yang menjadi tujuan Pertamina EP melalui Program CSR (Tanggungjawab Sosial Lingkungan) akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar area operasi perusahaan dapat memenuhi kebutuhan hidup yang lebih berkualitas, dan komitmen perusahaan untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat setempat dapai tercapai.

Pada kesempatan itu PT Pertamina EP Asset-1 Pangkalansusu Field juga telah memberi bantuan berupa 1 buah deck Oven berikut Loyang-loyang; 2 buah mixer kapasitas 20 liter dan 1 buah mixer kapasitas 7 liter; 1 buah mesin press dan giling mie; 3 buah kompor gas berikut 3 buah tabung gas; 3 buah alat pengukus; Bahan praktek dan peralatan pendukung lainnya.
Sementara itu Sekcam Babalan, Drs Jamal Ritonga atas nama Camat Babalan Faisal Rizal Matondang, S.Sos menyatakan bangga dan terima kasih kepada pihak PT Pertamina EP Asset 1 Pangkalansusu Field yang telah memberi bantuan berupa pelatihan membuat aneka macam roti, kue dan produk jenis makanan ringan lainnya serta peralatan pembuat kue termasuk kompor gas untuk warga Desa Securai Selatan, Kecamatan Babalan.

“Ini menjadi modal utama bagi ibu-ibu rumahtangga untuk buka usaha atau paling tidak ibu-ibu bisa membuat kue yang enak untuk keluarga,” ujar Jamal.

Selain itu dia juga berharap agar bantuan lainnya berupa berbagai jenis peralatan untuk membuat aneka macam panganan ini dapat dipergunakan dengan baik secara berkelompok.

Kabid Industri Dinas Perindag Kabupaten Langkat, Nanang Hadi Irawan S.Sos MSi menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak Pertamina EP yang sudah sering melaksanakan program CSR di daerah ini. “Ini membuktikan bahwa Pertamina EP Pangkalansusu cukup peduli dengan warga masyarakat di Kabupaten Langkat,” kata mantan Camat Babalan ini.

Satu hal yang perlu menjadi catatan ibu-ibu peserta pelatihan ini agar tetap berupaya untuk menjaga mutu dan kualitas serta kesehatan dari panganan hasil produknya. Biasanya, panganan ini rata-rata tidak bisa bertahan lama, dan untuk dapat bertahan lama biasanya dicampur bahan yang dapat membuat panganan itu bisa bertahan lama, tapi efeknya tidak baik untuk kesehatan secara jangka panjang,” imbunya.


Pada kesempatan itu, Nanang juga mengharapkan kepada pihak Pertamina EP Pangkalansusu, apabila ada melakukan acara di wilayah ini agar dapat memesan roti atau kue-kue hasil buah tangan ibu-ibu peserta pelatihan yang dilaksanakan pada hari ini. (fi)

No comments:

Post a Comment