Monday 26 August 2013

BADAI TROPIS NANDO (KONG-REY) MUNCUL DI ATAS LANGIT FILIPINA

Peringatan Sinyal-1 untuk Provinsi Batanes, Cagayan, Apayao dan Isabela

MANILA, Filipina - Nando (Kong-Rey sebutan internasional) telah meningkat dan ditingkatkan depresi menjadi badai tropis pada Senin, 26 Agustus 2013, ungkap Biro Cuaca Nasional Filipina, PAGASA.

Nando terlihat berjarak 270 kilometer sebelah timur dari Casiguran, Aurora (16.8 ° N, 125,0 ° E) pada pukul 04:00, waktu setempat dengan membawa angin berkecepatan maksimum 65 km/jam dekat pusat dan hembusan hingga 80 km/jam, biro itu mengatakan dalam bulletin pada pukul 5 sore.

Peringatan Badai sinyal 1 berlaku untuk provinsi Batanes, Cagayan, Apayao dan Isabela.

Daerah ini diperkirakan akan diguyur hujan dengan angin kencang, disertai gelombang laut yang agak besar.

Angin antara 45-60 km/jam diperkirakan akan berada di daerah ini dalam waktu 36 jam.
  

Badai ini diperkirakan akan membawa curah hujan lebat yang intens (10-20 mm/jam) dalam diameter 400 km, kata biro.

Nando saat ini diperkirakan akan bergerak ke arah Baratlaut dengan kecepatan 15 km/jam, dan diperkirakan menjadi 160 km sebelah Tenggara dari Basco, Batanes pada Selasa sore.

Hal ini diperkirakan dapat terus meningkatkan monsun Baratdaya dengan membawa hujan lebat dan sesekali badai petir selama berada di Luzon Selatan.

Provinsi Bicol, Mimaropa, dan Aurora diperkirakan sesekali akan mengalami hujan deras, mungkin memicu banjir bandang dan tanah longsor, Biro mengatakan dalam 24 jam perkiraan.
Prakiraan perjalanan Badai Tropis KONG-Rey (Foto CNA/Focus Taiwan News Channel(
Sementara CNA Taiwan Focus News Channel pada Senin pukul 18:09:29 waktu setempat merilis berita bahwa sebuah peringatan laut selama Badai Tropis Kong-Rey, yang terbentuk di sebelah timur Filipina  bisa dikeluarkan pada sore berikut di Taiwan, ungkap Biro Cuaca Pusat setempat.

Pada Senin, pukul 14, Kong-Rey berpusat sekitar 800 km sebelah tenggara dari ujung selatan Taiwan, bergerak ke arah utara-Baratlaut di 17 kph, kata biro.

Kong-Rey, badai ke 15 pada musim angin topan Pasifik 2013, sedang mengepak angin berkelanjutan 64 kpj, dengan hembusan mencapai 90 kpj.

Jika badai mempertahankan kecepatan saat ini dan arah, peringatan laut kemungkinan akan dikeluarkan antara Selasa sore dan Rabu pagi, kata biro.

"Mulai hari Rabu sampai Jumat, daerah di sekitar Taiwan bisa melihat hujan atau badai di bawah pengaruh badai dan sirkulasi perifer," kata prakirawan biro cuaca setempat, Lin Chih-hui.(fi) 

Sumber: rappler.com/CNA Focus Taiwan News Channel


No comments:

Post a Comment