Saturday 31 October 2015

Peringatan Dini Cuaca Ekstrim Tanggal 31 Oktober – 02 November 2015


Prediksi sebaran hujan di wilayah Indonesia dan sekitarnya.

JAKARTA, Telukharunews.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Jakarta dalam situs nya pada Jum’at, 30 Oktober 2015 pukul 18:10 WIB telah melakukan pemutakhiran data tentang Peringatan Dini Cuaca Ekstrim yang berlaku untuk tanggal 31 Oktober sampai 02 November 2015 terkait dengan adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia sebelah Barat Aceh dan konvengersi di Sumatera Utara bagian Barat. Kelembaban udara yang cukup tinggi terpantau di wilayah Sumatera bagian Utara, Kalimantan bagian Barat, Papua Barat serta Papua bagian Tengah dan Utara. Kondisi ini mendukung proses pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.

Akibat adanya kondisi tersebut di atas, maka diperkirakan akan menyebabkan beberapa wilayah di Indonesia berpotensi hujan lebat yaitu di Sumatera Utara bagian Barat, Kalimantan Barat bagian Utara, Kalimantan Tengah bagian Utara, dan Papua bagian Tengah.

Sementara untuk wilayah perairan terkait dengan adanya awan gelap (comulonimbus) di lokasi tersebut (lihat peta) dapat menimbulkan angin kencang dan menambah tinggi gelombang laut serta berpotensi terjadi Hujan Lebat disertai Petir berpeluang terjadi di Perairan utara Aceh, Perairan barat Kepulauan Mentawai, dan Laut Cina Selatan Perairan utara Manokwari.***

Editor: Freddy Ilhamsyah PA

No comments:

Post a Comment