Wednesday 10 July 2013

Typhoon SOULIK kian mendekati Filipina

Akhir pekan ini, Soulik diperkirakan akan mendarat di Tenggara Cina (di Provinsi Zhejiang)

MANILA  (Telukharunews)  update – Typhoon 'Soulik' bergerak kian mendekati wilayah Filipina (PAR/Philippine Area Resposibility), kini, Selasa, 9 Juli 2013 pukul 18:01:35 WIB, pusat pusarannya yang searah jarum jam berada di kordinat 20°10'53.81" LintangUtara, 139°16'28.22" BujurTimur.

Menurut pemantauan Telukharunews melalui alat pengukur yang disediakan oleh Google earth, ukuran lebar Topan/Typhoon Soulik adalah seluas 1.105,84 km (84,85°)  x 1.108,75 km (176,30°).

Sementara NASA dalam Press Release pada Senin (8/7) menyebutkan, prakirawan  di JTWC (Joint Typhoon Warning Center) Pusat Peringatan Topan Bersama mencatat bahwa badai akan terus meningkat, dan cepat dapat mengintensifkan hingga bisa mencapai kekuatan topan besok, 9 Juli 2013.
Gambar terlihat pada 8 Juli di 3_50 UTC diambil oleh instrumen MODIS yang terbang di atas dari satelit Aqua milik NASA menunjukkan Badai Tropis Soulik ketika berada di atas Kepulauan Mariana. Foto NASA Goddard MODIS Rapid Response Team.
Soulik bergerak menjauh dari Kepulauan Mariana dan diperkirakan akan terus berlanjut di barat, arah barat-BaratLaut selama beberapa hari berikutnya. Soulik saat ini diperkirakan akan mengarah ke utara Filipina, dan Taiwan mempengaruhi utara sebelum melakukan pendaratan di Tenggara Cina (di Provinsi Zhejiang) akhir pekan ini.

Sedangkan menurut Biro Cuaca Filipina, PAGASA (the Philippine Atmospheric, Geophysical and Astronomical Services Administration) Typhoon "Soulik" (nama internasional) terus mengintensifkan ketika bergerak lebih dekat ke wilayah Filipina, Selasa (9/7).

Posisi Soulik pada Selasa, 9 Juli 2013 pukul 10:00 waktu setempat, terlihat berada di 1.680 kilometer timur dari Basco, Batanes, Filipina.

Soulik memiliki angin maksimum 120 kilometer per jam (kph) dekat pusat, dengan hembusan sampai 150 kpj, Filipina Atmosfer, Geofisika dan Astronomi Layanan Administrasi (Pagasa) mengatakan.

Citra satelit PAGASA pada 10:32, 9 Juli 2013
Menurut prakiraan PAGASA, Rabu pagi (10/7) Soulik sudah masuk ke wilayah Filipina, dan akan keluar hari Sabtu pagi menuju ke utara  (Taiwan).

Prakirawan Cuaca PAGASA Glaiza Escullar mengatakan Soulik diproyeksikan bergerak ke barat pada 20 kpj.

"Topan Soulik tidak akan memiliki efek langsung pada setiap bagian dari Filipina hari ini (9/7) dan besok. Namun, Soulik akan meningkatkan monsun Baratdaya dan akan membawa hujan di bagian barat negara itu mulai Kamis sore," kata Pagasa dalam Buletin 11:00.

Setelah memasuki wilayah Filipina, maka Soulik akan diberi kode nama lokal yaitu, "Huaning”.

Ini merupakan topan pertama yang mengunjungi negara itu bulan ini, dan yang kedelapan untuk tahun ini.

Sementara itu, sebuah Zona Konvergensi intertropis (ITCZ) terus mempengaruhi Palawan dan Mindanao, kata Escullar.

Dalam penjelasannya, Pagasa mengatakan bahwa Mimaropa, Ilocos Region, Semenanjung Zamboanga, Soccsksargen dan Mindanao Utara akan mengalami langit mendung dengan kilat disertai hujan dan badai.

Pagasa juga mengatakan bahwa angin berkekuatan sedang bertiup dari TimurLaut ke Utara wilayah Luzon, dan bertiup dari BaratLaut ke BaratDaya ke Visayas dan Mindanao. (fi)


Sumber: NASA/Sunnex

No comments:

Post a Comment