Tuesday 11 April 2017

Siklon Tropis Ernie Dan Bibit Siklon Tropis 96S Timbulkan Gelombang Tinggi



Foto: Google Earth/THnews

JAKARTA, Menurut Buletin Informasi Siklon Tropis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika yang dikeluarkan oleh Tropical Cyclone Warning Centre (TCWC) Jakarta pada Senin, 10 April 2017 pukul 09:04 WIB menyebutkan posisi Siklon Tropis ERNIE pada pukul 07:00 WIB berada di koordinat 18,2°Lintang Selatan, 104,2°Bujur Timur (sekitar 1.350 km sebelah selatan-Barat Daya Cilacap). Arah gerak menujur Barat dengan kecepatan 12 knots (22 km/jam) bergerak menjauhi wilayah Indonesia. Kecepatan Angin Maksimum 45 knots (85 km/jam).

Siklon Tropis ERNIE memberikan dampak terhadap cuaca di Indonesia berupa :

·         Gelombang dengan ketinggian 1,25 hingga 2,5 meter terdapat di Samudera Hindia barat Aceh, Samudera Hindia barat Kepulauan Nias, Perairan barat Lampung, Samudera Hindia barat Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan selatan Jawa Barat, Perairan selatan Banten, Perairan Selatan Jawa Timur, Selat Bali bagian Selatan, Selat Badung, Samudera Hindia selatan Bali, Selat Lombok bagian Selatan, dan Selat Alas bagian Selatan,
·         Gelombang dengan ketinggian 2,5 hingga 4 meter terdapat di Samudera Hindia selatan Jawa Barat, Samudera Hindia selatan Banten, Perairan selatan Jawa Tengah, Samudera Hindia selatan Jawa Tengah, dan Samudera Hindia selatan Jawa Timur.

Bibit Siklon Tropis 96S

Selain itu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika yang dikeluarkan oleh Tropical Cyclone Warning Centre (TCWC) Jakarta pada Selasa, 11 April 2017 pukul 00:10 WIB melaporkan pada Senin, 10 April 2017 pukul 19:00 WIB ada Depresi Tropis di koordinat 10,4°Lintang Selatan, 132,2°Bujur Timur (sekitar 530 km sebelah selatan Banda).

Arah Gerak selatan-Barat Daya dengan kecepatan 7 knots (13 km/jam) bergerak menjauhi wilayah Indonesia. Kecepatan Angin Maksimum 30 knots (55 km/jam).

Walaupun demikian menurut TCWC-BMKG bibit Siklon Tropis 96S memberikan dampak terhadap cuaca di Indonesia berupa :

·         Potensi hujan dengan intensitas Sedang hingga Lebat di wilayah Maluku bagian Tenggara, Nusa Tenggara Timur bagian Timur dan Selatan.
·         Gelombang dengan ketinggian 1,25 - 2,5 meter terdapat di Laut Banda bagian Utara, Perairan Kepulauan Kai, Perairan Kepulauan Aru.
·         Gelombang dengan ketinggian 2,5 hingga 4 meter terdapat di Laut Arafuru bagian Timur, Laut Banda bagian Selatan, Perairan Kepulauan Tanimbar, dan Laut Arafuru bagian Tengah.
·         Gelombang dengan ketinggian 4 hingga 5 meter terdapat di Laut Arafuru bagian Barat, Perairan Kepulauan Sermata, dan Kepulauan Leti.

Editor: Freddy Ilhamsyah PA

No comments:

Post a Comment