Wednesday 16 December 2015

Eksplorasi Migas Besar-besaran Segera Dilakukan di Aceh


Wapres Jusuf Kalla didampingi Gubernur Aceh, Menteri Kelautan dan Perikanan, dan Menteri ESDM menandatangani Peluncuran Jalur Samudera Cheng Ho, di Banda Aceh, Minggu (13/12) Foto: Humas Setkab RI

BANDA ACEH, Indonesia sebagai negara maritim, memiliki kekayaan sumber daya mineral yang cukup besar, termasuk minyak dan gas bumi. Dalam waktu dekat, akan dilakukan eksplorasi migas di Aceh secara besar-besaran oleh ExxonMobil serta mulai beroperasinya kembali Blok A yang diharapkan dapat bermanfaat bagi masa sekarang dan akan datang.

Penegasan itu disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam sambutannya pada puncak acara Peringatan Hari Nusantara ke 15 di Pelabuhan Perikanan Samudra Lampulo, Aceh, Minggu (13/12).

Wapres mengatakan, dengan adanya aturan baru mengenai pengelolaan blok migas, eksplorasi besar-besaran di Aceh ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat luas. Namun demikian, harus diingat bahwa pengelolaan sumber daya alam ini memerlukan pengetahuan, teknologi dan modal serta semangat yang besar. "Sumber daya itu akan menjadi tontonan apabila kita tidak mempunyai ilmu pengetahuan, upaya dan semangat yang besar. Untuk itu para generasi muda harus dapat menjadi sumber inspirasi masa depan," tambah Wapres.

Menurut Wapres, laut dapat menjadi sumber kekuatan apabila dijaga dengan sebaik-baiknya, antara lain dengan cara menertibkan secara hukum pengelolaan perikanan secara ilegal serta menjadikan angkatan laut sebagai kekuatan yang dapat menjaga kedaulatan Indonesia sebagai negara maritim.

Laut juga merupakan pemersatu pulau-pulau di Indonesia. Karena itu, menguatkan maritim juga akan memberikan kekuatan yang besar bagi seluruh bangsa Indonesia. ***

Sumber: Ditjen Migas

No comments:

Post a Comment