Tuesday 10 November 2015

Peringatan Dini Cuaca Ekstrim 10-12 November 2015


Peta Prediksi sebaran hujan tanggal 10 November pukul 19:00 sampai 11 November 2015 pukul 19:00 WIB.

JAKARTA, Telukharunews.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Jakarta dalam laman resminya pada Senin, 09 November 2015 pukul 19:11 WIB telah melakukan pemutakhiran data tentang Peringatan Dini Cuaca Ekstrim yang berlaku untuk tanggal 10 sampai 12 November 2015 terkait dengan adanya sirkulasi siklonik di Teluk Benggala membentuk konvergensi memanjang dari Selat Malaka hingga Samudera Hindia sebelah Barat Aceh dan dari Maluku Utara hingga Kalimantan bag Utara. Perlambatan kecepatan angin di Pesisir Barat Sumatera. Kelembaban udara yang cukup tinggi terpantau di wilayah Sumatera bag Utara dan Tengah, Kalimantan bag Tengah, Sulawesi bag Tengah dan Papua. Kondisi ini mendukung proses pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.

Akibat adanya kondisi tersebut di atas, maka diperkirakan akan menyebabkan beberapa wilayah di Indonesia berpotensi hujan lebat yaitu di Bengkulu, Jambi, Riau, Kalimantan Barat bagian Tengah dan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur bagian Barat dan Utara, Sulawesi Tengah, Papua bagian Tengah dan Selatan.

Prakiraan Cuaca Jabodetabek

Sementara prakiraan cuaca wilayah Jabodetabek untuk tanggal 11 November 2015 07.00 WIB hingga 12 November 2015 07.00 WIB 11 November 2015 07.00 WIB hingga 12 November 2015 pagi hari umumnya berawan. Sedangkan pada siang hari akan terjadi Hujan Ringan-Sedang di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Depok, Tangerang, Bekasi dan Bogor serta Hujan Ringan di Jakarta Utara, Pusat dan Jakarta Barat. Pada malam hari kondisi cuaca di Bekasi dan Bogor terjadi Hujan Ringan - Hujan Sedang. Untuk Jakarta Selatan, Timur dan Barat, Depok serta Tangerang Berawan-Hujan Ringan.

Peringatan Dini

Selain itu BMKG juga telah mengeluarkan Peringatan Dini Waspada potensi Hujan Sedang hingga Lebat yang disertai Kilat/Petir dan Angin Kencang terutama di wilayah Tangerang, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi, Depok dan Bogor antara sore dan menjelang malam hari.***

Editor: Freddy Ilhamsyah PA

No comments:

Post a Comment