Thursday 5 November 2015

Beberapa wilayah di Indonesia Berpotensi Hujan Lebat


Wilayah yang berpotensi Hujan Lebat

JAKARTA, Telukharunews.com – Terhitung sejak hari ini Kamis (5) sampai Sabtu (7) beberapa wilayah di Indonesia akan diguyur hujan lebat dan petir khususnya di wilayah perairan.

Diprediksikan Propinsi Sumatera Utara khususnya di wilayah pegunungan berpotensi terjadi tanah longsor. Sedangkan banjir bisa terjadi di wilayah DAS (Daerah Aliran Sungai).

Peringatan Dini Cuaca Ekstrim 5-7 November

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Jakarta dalam situsnya pada Rabu, 04 November 2015 pukul 19:11 WIB telah melakukan pemutakhiran data tentang Peringatan Dini Cuaca Ekstrim yang berlaku untuk tanggal 05 sampai 07 November 2015 terkait dengan adanya sirkulasi siklonik di Utara Aceh dan Samudera Hindia sebelah Barat Sumatera Barat membentuk konvergensi di Perairan Barat Aceh hingga laut Andaman dan di Kalimantan bag Utara. Perlambatan kecepatan angin di Papua bagian Selatan. Kelembaban udara yang cukup tinggi terpantau di wilayah Sumatera bagian Utara dan Tengah, Kalimantan bagian Barat dan Utara, Papua Barat serta Papua. Kondisi ini mendukung proses pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.

Akibat adanya kondisi tersebut di atas, maka diperkirakan akan menyebabkan beberapa wilayah di Indonesia berpotensi hujan lebat yaitu di Aceh bagian Barat, Sumatera Utara bagian Barat, Jawa Barat bagian Barat, Kalimantan Tengah bagian Utara, Kalimantan Timur bagian Barat, Papua Barat bagian Utara, dan Papua bagian Tengah dan Selatan.

Sementara untuk wilayah perairan terkait dengan adanya awan gelap (comulonimbus) di lokasi tersebut (lihat peta) dapat menimbulkan angin kencang dan menambah tinggi gelombang laut serta berpotensi terjadi Hujan Lebat disertai Petir berpeluang terjadi di Perairan utara dan barat Aceh, Perairan Bengkulu, Perairan Kepulauan Sangihe dan Talaud. ***

Editor: Freddy Ilhamsyah PA

No comments:

Post a Comment