Sunday 9 August 2015

Topan Super Soudelor Mengantam Taiwan


6 orang tewas, 4 orang hilang dan 102 luka-luka


Super Typhoon Soudelor. Gambar: Google earth/THNews

TAIPEI, - Xinhua News merilis, ketika menghantam Taiwan, Sabtu (8/8), Super Topan Soudelor telah mengakibatkan sedikitnya enam orang tewas, empat orang hilang dan 102 luka-luka pada 17:30 setelah Topan Soudelor membuat pendaratan di timur Taiwan Hualien Sabtu pagi.

Selain itu Soudelor juga telah memutuskan pasokan listrik lebih dari 3 juta rumahtangga pada pukul 01:00 waktu setempat. Ini merupakan pemadaman listrik terbesar akibat topan dalam sejarah Taiwan, ungkap Taiwan Power Company seperti yang dilangsir Xinhua.

Warga di Taiwan dan pegunungan daerah tengah dan selatan telah diperingatkan peningkatkan angin dan curah hujan karena angin Barat Daya yang dibawa Topan Soudelor. Badai itu berpusat 50 kilometer sebelah Timur Laut dari daerah terpencil, Penghu County di Selat Taiwan dan bergerak dengan kecepatan 18 km per jam ke arah Barat Laut pada pukul 03:00

Menurut pejabat meteorologi, Soudelor masih tetap mengemas kecepatan angin maksimum 137 kilometer per jam, dengan hembusan mencapai 173 kilometer per jam. Gelombang raksasa 8 sampai 11 meter terlihat di sepanjang pantai timur pulau itu.

Akibat serangan Super Topan Soudelor semua kantor dan sekolah di seluruh Taiwan ditutup pada hari Sabtu. Pusat Perdangangan di Taiwan mengumumkan mereka akan menangguhkan bisnis untuk setidaknya Sabtu pagi. Sabtu adalah Hari Ayah  (Father’s Day) di Taiwan yang dipromosikan sebagai liburan untuk berbelanja.

Jalur Kereta Api berkecepatan tinggi dan jaringan kereta api reguler telah menangguhkan layanan sejak awal Jumat sore. Semua bandara di Taiwan juga telah ditutup, dengan kembali ke terpaksa mendarat di kota-kota lain, termasuk Hong Kong dan Osaka.

Pusat Soudelor membuat pendaratan di Sioulin Township di Taiwan bagian timur Hualien pada pukul 04:40, dengan membawa hembusan angin kencang dan hujan deras yang mengguyur jalur kereta api, meniup sepeda motor ke atas dan kota-kota penuh dengan pohon-pohon tumbang dan papan reklame .

Meskipun angin dan curah hujan mereda sedikit di Taiwan utara setelah Soudelor pindah ke Selat Taiwan pagi ini, prakirawan cuaca memperingatkan bahwa hembusan angin dan curah hujan ekstrim diperkirakan terjadi di bagian tengah dan selatan pulau hari ini. 

Sementara menurut hasil pengamatan Telukharunews.com, posisi Super Typhoon Soudelor pada Sabtu, 08 Agustus 2015 pukul 19,00 WIB berada di koordinat 24°17'42.42"Lintang Utara dan 119°42'33.90"Bujur Timur dan Topan tersebut sudah mengantam Taiwan.

Posisi Soudelor saat itu berjarak sekitar 120,02 km (121,48 derajat) sebelah Tenggara dari Quanzhou-Fujiang atau sekitar 165,85 km (96,78 derajat) sebelah timur-Tenggara dari Xiamen-Fujian dan sekitar 210,41 km (102,84 derajat) sebelah selatan-Tenggara dari Fuzhou-Fujian, Tiongkok.

Kondisi Soudelor pada saat itu berdiameter: Utara-Selatan 1.278,26 km (180,84 derajat) dan Timur -Barat 1.092 km (274,70 derajat). (fi)

Editor: Freddy Ilhamsyah PA

No comments:

Post a Comment