Thursday 27 August 2015

Ketersediaan Energi Syarat Dasar Negara Maju



SURABAYA – Ketersediaan energi merupakan syarat mutlak sebuah negara maju. Ketercukupan energi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi jelas sebuah keharusan. Menjadi sebuah Negara maju harus mengusai tiga hal yang utama. Pertama, ketersediaan pangan, kedua energi dan yang ketiga ketersediaan air. Demikian diungkapkan Direktur Jenderal Minyak Dan Gas Bumi, IGN Wiratmaja Puja, saat memberikan amanahnya sebelum menyerahkan penghargaan keselamatan migas di acara Forum Komunikasi Keselamatan Migas hari ini, Rabu (26/8).

Mengelola energi dengan baik dengan melepaskan diri dari ketergantungan terhadap energi fosil serta meningkatkan pengembangan energi baru terbarukan merupakan beberapa upaya yang akan yang akan terus dilakukan pemerintah, karena tanpa energi cita cita menjadi Negara maju hanyalah mimpi belaka.“Energi itu merupakan syarat yang penting untuk dasar kita bisa menjadi Negara maju,” ujar Wiratmaja.

Wiratmaja menambahkan, pengelolaan energi juga akan disederhanakan, lebih mudah dan lebih cepat, dan selain itu sekarang ini pemerintah sedang melakukan perbaikan paradigma pemanfaatan energi dimana dimasa lalu lebih banyak memanfaatkan energi sebagai komoditas namun sekarang akan kita pergunakan sebagai pendorong pertumbuhan dan perbaikan ekonomi.

Perubahan paradigma lainnya adalah, selama ini kita lebih banyak menggunakan filosofi energy follow the people, dimana masyarakat banyak, disanalah kita membangun infrastruktur energi, seperti yang terjadi di Pulau Jawa, karena jumlah populasinya banyak maka disitulah dibangun infrastruktur migas. Kedepan kita akan rubah dengan dimana ada energi disitu kita akan bangun kawasan industry, berbagai infrastruktur sehingga industry akan tumbuh dan maka masyarakat akan datang kesana. “Kedepan kita berharap people follow the energy,”tambah Wiratmaja. ***

Sumber: Website Kementerian ESDM

No comments:

Post a Comment