Saturday 8 August 2015

Conveyor Gallery PLTU Sumut 2 Pangkalansusu Meledak



Inilah sebagian conveyor gallery PLTU Tanjungpasir Pangkalansusu yang meledak. Foto jp/ls

PANGKALANSUSU, Telukharunews.com – Conveyor Gallery PLTU Sumut 2 Pangkalansusu meledak diduga akibat akumulasi tekanan gas batubara dari elevator conveyor gallery (ban berjalan pengantar batubara) ke crusher house (tempat penghancur batubara) transfer tower 3. Sesaat terjadi ledakan sempat menimbulkan percikan api, namun tidak sempat terjadi kebakaran.

Akibat kejadian ini, operasional PLTU Sumut 2 jadi terganggu untuk sementara waktu dan saat ini sedang dilakukan perbaikan secara intensif. Pekerjaan perbaikan ini diperkirakan minimal satu minggu, ujar Manager Unit Pelaksana Kerja (UPK) Kitsum 2, M. Yusuf kepada sejumlah wartawan di ruangan kerjanya, Jumat (7/8).

Insiden ini tidak menimbulkan korban jiwa. Namun sebagian dinding seng conveyor jebol bahkan ada yang jatuh berantakan ke tanah akibat ledakan. Sejumlah pekerja proyek tampak sedang memperbaiki material yang rusak.

Lebih lanjut, Yusuf mengungkapkan, dampak dari insiden ini akan menyebabkan distribusi arus listerik dari PLTU ke PLN jadi terkendala. Dikatakan, suplai listrik dari PLTU ke PLN mencapai 300 MW. Itu artinya PLTU telah memberikan kontribusi sebesar 6 persen dari defisit beban puncak PLN.

Menurut Yusuf, rencananya 17 Agustus ini, PLTU Sumut 2 Pangkalansusu akan beroperasi secara penuh 200x200 MW, tapi akibat insiden ini rencana tersebut tertunda untuk sementara.

Penyebab terjadinya insiden tersebut sedang dalam penyelidik pihak berwajib setempat.

Sementara itu, Humas PT PLN Wilayah Sumut, Mustafrizal menghimbau kepada pelanggan PLN untuk melakukan penghematan pemakaian listerik guna mengatasi devisit pada beban puncak. Dia memprediksi malam ini akan terjadi pemadaman bergilir. (fi)

No comments:

Post a Comment