Wednesday 12 August 2015

Peringatan Dini Cuaca Ekstrim Tanggal 13 Sampai 15 Agustus 2015


Prediksi dalam peta berlaku untuk tanggal 13 Agustus 2015 pukul 07:00 sampai pukul 19:00 WIB.

JAKARTA, Telukharunews.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Jakarta dalam situs nya pada Rabu, 12 Agustus 2015 pukul 18:08 WIB telah melakukan pemutakhiran data tentang Peringatan Dini Cuaca Ekstrim yang berlaku untuk tanggal 13 sampai 15 Agustus 015 terkait dengan adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia sebelah Barat Sumatera yang mempengaruhi pembentukan daerah perlambatan kecepatan angin di Sumatera bagian Tengah dan Kalimantan Barat bagian Barat. Kelembaban udara cukup tinggi di wilayah Sumatera bagian Tengah dan Utara serta Kalimantan bagian Utara. Kondisi ini mendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Kalimantan Barat serta Kalimantan Tengah bagian Utara dan Tengah

Akibat adanya kondisi tersebut di atas, maka diperkirakan akan menyebabkan beberapa wilayah di Indonesia berpotensi hujan lebat yaitu di Provinsi Sumatera Utara bagian Timur, Riau bagian Timur, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat bagian Utara dan Barat serta Kalimantan Tengah bagian Utara.

Sementara dalam rubrik Pusat Informasi Cuaca Maritim-Pelayaran, BMKG juga merilis Peta Prediksi Sebaran Hujan menulis adanya awan gelap (cumulonimbus) di lokasi tersebut (lihat peta di atas, red.) dapat menimbulkan angin kencang dan menambah tinggi gelombang. Daerah perairan yang berpontensi Hujan Lebat disertai Petir berpeluang terjadi di Selat Malaka, Perairan Bengkulu dan Samudera Hindia barat Bengkulu. Prediksi ini berlaku untuk tanggal 13 Agustus 2015 pukul 07:00 sampai pukul 19:00 WIB. (fi)

Editor: Freddy Ilhamsyah PA

No comments:

Post a Comment