Sunday 18 January 2015

Peringatan Dini Cuaca Ekstrim Tanggal 19 sampai 21 Januari 2015



Gambar : BMKG
JAKARTA, Telukharunews.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melalui situs meteo.bmkg.go.id Minggu, 18 Januari 2015 pukul 19:01 WIB telah melakukan pemutakhiran data mengenai Peringatan Dini Cuaca Ekstrim terkait adanya siklon tropis MEKKHALA di Timur Philipina. Sirkulasi tertutup di Kalimantan Tengah. Konvergensi memanjang dari Jawa bagian Tengah hingga Laut Sulawesi bagian Selatan. Kelembaban udara cukup tinggi di Sumatera bagian Barat, Kalimantan bagian Tengah dan Utara, Jawa, Sulawesi bagian Tengah dan Papua. Kondisi tersebut mendukung pertumbuhan awan-awan hujan hampir diseluruh wilayah Indonesia.

Akibat adanya kondisi seperti tersebut di atas akan menyebabkan beberapa wilayah di Indonesia berpotensi Hujan Lebat pada tanggal 19 sampai 21 Januari 2015 yaitu masing-masing adalah Sumatera Selatan bagian Barat, Lampung bagian Barat, Kalimantan Barat bagian Utara, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah bagian Utara, Jawa Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah bagian Selatan, Sulawesi Selatan bagian Utara dan Papua bagian Tengah.
Gambar : BMKG
Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika - Tropical Cyclone Warning Centre (TCWC) Jakarta melalui Buletin Informasi Siklon Tropis yang dikeluarkan pada Minggu, 18 Januari 2015 pukul 20:05 WIB menyebutkan, kondisi Siklon Tropis MEKKHALA pada pukul 19:00 WIB saat berada di koordinat 14.9 Lintang Utara dan 122.6 Bujur Timur yang memiliki kemasan kecepatan angin maksimum 9 konts (17 km per jam) memberikan dampak terhadap kondisi cuaca di wilayah Indonesia berupa:
  • Gelombang laut dengan ketinggian 2 sampai 3 meter berpotensi terjadi di Laut Halmahera, Perairan Raja Ampat, Sorong, Perairan utara Manokwari, Samudera Pasifik utara Halmahera hingga Papua.
  • Gelombang laut dengan ketinggian 4 sampai 5 meter berpotensi terjadi di  Laut Cina Selatan, dan Perairan Kep. Natuna. (fi)

No comments:

Post a Comment