Tuesday 13 January 2015

Peringatan Dini Cuaca Ekstrim Tanggal 14 sampai 16 Januari 2015



JAKARTA, Telukharunews.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melalui situs meteo.bmkg.go.id Selasa, 13 Januari 2015 pukul 19:01 WIB telah melakukan pemutakhiran data mengenai Peringatan Dini Cuaca Ekstrim terkait adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia sebelah Barat Aceh serta sirkulasi tertutup di Utara Kalimantan. Konvergensi memanjang dari Sumatera bagian Tengah hingga Laut Jawa bagian Timur serta dari Kalimantan Selatan hingga Laut Arafuru. Kelembaban udara cukup tinggi di Sumatera bagian Utara, Kalimantan bagian Tengah, Sulawesi bagian Selatan dan Papua. Kondisi tersebut mendukung pertumbuhan awan-awan hujan hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Akibat adanya kondisi seperti tersebut di atas akan menyebabkan beberapa wilayah berpotensi Hujan Lebat pada tanggal 14 sampai 16 Januari 2015 yaitu masing-masing di wilayah Aceh bagian Barat, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung bagian Barat dan Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah bagian Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan,  Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah bagian Selatan, dan Papua bagian Tengah.

Peringatan Cuaca Signifikan Tanggal 14 Januari 2015

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melalui situs meteo.bmkg.go.id pada Selasa, 13 Januari 2015 telah melakukan pemutakhiran data mengenai Peringatan Cuaca Signifikan tanggal 14 Januari 2015 untuk beberapa wilayah di Indonesia sebagai berikut :

»  Prakiraan Cuaca Propinsi Kalimantan Barat :
Waspada Hujan yang terjadi disertai Angin Kencang dan Guntur.

»  Prakiraan Cuaca Propinsi Bali :
Waspada Potensi Hujan Lebat yang terkadang disertai Kilat/Petir dan Angin Kencang berdurasi singkat.

»  Prakiraan Cuaca Propinsi Maluku :
Waspada Angin Kencang di atas 30 km per jam berpeluang terjadi di Pulau Banda, Pulau Geser, Kepulauan Aru, Maluku Tenggara, Maluku Tenggara Barat.

»  Prakiraan Cuaca Propinsi Bangka Belitung :
Tinggi Gelombang Maksimum 2,5 sampai 3,5 meter berpeluang terjadi di Perairan Utara Bangka Belitung, Selat Gelasa dan Selat Karimata Bagian Utara.

»  Prakiraan Cuaca Propinsi Maluku Utara :
Waspada ! Tinggi Gelombang Maksimum Mencapai 2,5 sampai 3,5 meter berpeluang terjadi di Perairan Utara, Barat dan Timur Halmahera, Laut Halmahera serta Laut Maluku. (fi)

No comments:

Post a Comment