Monday 5 January 2015

Peringatan Dini Cuaca Ekstrim Tanggal 5 sampai 7 Januari 2015



JAKARTA, Telukharunews.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melalui situs meteo.bmkg.go.id pada Minggu, 04 Januari 2015 pukul 19:01 WIB telah melakukan pemutakhiran data mengenai Peringatan Dini Cuaca Ekstrim terkait adanya sirkulasi di perairan Utara Kalimantan dan di Selatan Nusa Tenggara Timur. Konvergensi memanjang dari pesisir selatan Jawa hingga Laut Banda dan belokan angin di Pesisir Barat Sumatera bagian Barat. Kelembaban udara cukup tinggi di sebagian besar wilayah Indonesia. Kondisi tersebut mendukung pertumbuhan awan-awan hujan hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Akibat adanya kondisi seperti tersebut di atas akan menyebabkan beberapa wilayah berpotensi Hujan Lebat pada tanggal 5 sampai 7 Januari 2015 yaitu masing-masing di wilayah Lampung bagian Selatan, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah bagian Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat bagian Selatan, Kalimantan Tengah bagian Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Papua bagian Tengah.

Peringatan Cuaca Signifikan Tanggal 5 Januari 2015

»  Prakiraan Cuaca Propinsi Nusa Tenggara Barat :
Waspadai Kenaikan Tinggi Gelombang di Perairan Nusa Tenggara Barat yang mencapai 2 sampai 4 meter.

»  Prakiraan Cuaca Propinsi Kalimantan Barat :
Waspada Hujan yang terjadi disertai Angin Kencang dan Guntur.

»  Prakiraan Cuaca Propinsi Kalimantan Selatan :
Waspada Potensi Angin Kencang dan Hujan Lebat secara tiba-tiba di Wilayah Kalimantan Selatan bagian Selatan, Barat dan Timur.

»  Prakiraan Cuaca Propinsi Maluku Utara :
Waspada Tinggi Gelombang Maksimum mencapai 2,5 sampai 3 meter berpeluang terjadi di Perairan Barat dan Timur Halmahera, Laut Halmahera, Laut Maluku bagian Utara dan Selatan serta Perairan Kepulauan Sula. Tinggi Gelombang Maksimum mencapai di atas 3 meter berpeluang terjadi di Perairan Utara Halmahera.

»  Prakiraan Cuaca Propinsi Maluku :
Waspada Angin Kencang di atas 30 km per jam berpeluang terjadi di Pulau Ambon, Maluku Tenggara, Maluku Tenggara Barat dan Maluku Barat Daya. (fi)

No comments:

Post a Comment