Sunday 28 December 2014

Peringatan Dini Cuaca Ekstrim Tanggal 28 sampai 31 Desember 2014


Peta Streamline Angin 3000 Feet Tanggal 28 Desember 2014

JAKARTA, Telukharunews.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melalui situs meteo.bmkg.go.id pada Sabtu, 27 Desember 2014 pukul 19:12 WIB telah melakukan pemutakhiran data mengenai Peringatan Dini Cuaca Ekstrim terkait adanya Tropical Cyclone KATE di Perairan Barat Daya Lampung serta sirkulasi di Malaysia bagian Selatan, di Samudera Pasifik sebelah Utara Papua dan di Selatan Nusa Tenggara Timur. Konvergensi memanjang dari Laut Jawa bagian Timur hingga Laut Flores dan dari Laut Banda hingga Laut Arafuru. Kelembaban udara cukup tinggi di sebagian besar wilayah Indonesia. Kondisi tersebut mendukung pertumbuhan awan-awan hujan hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Menurut Meteo BMKG, wilayah yang berpotensi Hujan Lebat pada tanggal 28 sampai 31 Desember 2014 adalah Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah bagian Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Tengah bagian Selatan, Papua Barat bagian Timur, Papua bagian Tengah dan Utara.

Sementara BMKG- Tropical Cyclone Warning Centre (TCWC) Jakarta melalui informasi dalam Buletin Informasi Siklon Tropis pada Sabtu, 27 Desember 2014  pukul 20:32 WIB juga menginformasikan bahwa Siklon tropis KATE yang berada di koordinat 13.1°Lintang Selatan dan 93.2°Bujur Timur (sekitar 1.440 km sebelah Barat Daya Bengkulu) memberikan dampak terhadap kondisi cuaca di wilayah Indonesia berupa :

  • Gelombang dengan ketinggian 2 sampai 3 meter berpeluang terjadi di Perairan Bengkulu hingga barat Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, dan Perairan selatan Banten hingga Jawa Tengah.
  • Gelombang dengan ketinggian lebih dari 3 meter berpeluang terjadi di Perairan barat Sumatera Barat, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Kepulauan Mentawai, Perairan Kepulauan Enggano, Bengkulu, Perairan barat Lampung, dan Perairan selatan Banten. (fi)



No comments:

Post a Comment