Friday 26 December 2014

Peringatan Dini Cuaca Ekstrim Tanggal 26 - 28 Desember 2014


Citra Satelit wilayah Indonesia dan sekitarnya. Gambar Meteo BMKG

JAKARTA, Telukharunews.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melalui situs meteo.bmkg.go.id pada Kamis, 25 Desember 2014 pukul 19:12 WIB telah melakukan pemutakhiran data mengenai Peringatan Dini Cuaca Ekstrim terkait adanya Tropical Cyclone KATE di Perairan Barat Daya Lampung dan sirkulasi di wilayah Perairan Kep. Natuna. Konvergensi memanjang dari Pesisir Barat Sumatera Barat hingga Lampung, Kalimantan bagian Tengah hingga Laut Banda serta dari Papua Barat hingga Utara Papua. Kelembaban udara cukup tinggi disebagian besar wilayah Indonesia. Kondisi tersebut mendukung pertumbuhan awan-awan hujan hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Menurut Meteo BMKG, wilayah yang berpotensi hujan lebat adalah :

    Aceh
    Sumatera Utara
    Sumatera Selatan
    Bengkulu
    Lampung
    Jawa Timur bagian Timur
    Kalimantan Barat
    Kalimantan Tengah bagian Selatan
    Sulawesi Barat
    Sulawesi Tengah bagian Selatan
    Maluku
    Papua bagian Barat dan Utara

Pemutakhiran: 25 Desember 2014 pukul 19:12 WIB
   
Sementara BMKG- Tropical Cyclone Warning Centre (TCWC) Jakarta melalui Buletin Informasi Siklon Tropis pada Jum’at, 26 Desember 2014  pukul 07:00 WIB juga menginformasikan bahwa Siklon tropis KATE yang berada di koordinat 12.2°Lintang Selatan dan 95.0°Bujur Timur (sekitar 1.230 km sebelah Barat Daya Bengkulu) memberikan dampak terhadap kondisi cuaca di wilayah Indonesia berupa :


  1. Hujan dengan intensitas Ringan hingga Sedang berpotensi terjadi di wilayah Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan dan Lampung.
  2. Gelombang dengan ketinggian 2 sampai 3 meter berpeluang terjadi di Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian Selatan dan Perairan selatan Banten.
  3. Gelombang dengan ketinggian lebih dari 3 meter berpeluang terjadi di Perairan Kepulauan Mentawai, Perairan Enggano, Bengkulu dan Samudera Hindia barat Kepulauan Mentawai serta Lampung.


Sumber : Meteo BMKG

No comments:

Post a Comment