Friday 17 December 2010

Dirut Pertamina, Karen Agustiawan : PERTAMINA POWERHOUSE NEGERI INI

Pangkalansusu – Telukharunews

Berkat rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, Pertamina masih dapat tegar berdiri menjadi salah satu powerhouse di negeri ini, meski kita memahami bahwa dalam kurun waktu satu tahun terakhir, banyak sekali masalah dan tantangan yang harus kita hadapi bersama. Namun masalah dan tantangan itu dapat kita lalui karena adanya rasa optimisme, keyakinan kuat, kerja keras serta doa dari seluruh pekerja Pertamina hingga Pertamina bisa mencapai usia 53 tahun. Ungkap Dirut Pertamina, Karen Agustiawan.

Dalam acara puncak peringatan Hari Jadi Pertamina ke 53 yang berlangsung secara serentak di seluruh jajaran Pertamina, Karen juga menyampaikan mengenai kinerja dan beberapa hal penting kepada seluruh pekerja Pertamina, yaitu mengenai kinerja Direktorat Hulu yang selama satu tahun terakhir telah berhasil mencatat angka produksi migas yang cukup baik. Contohnya, hingga Oktober 2010, produksi minya dari own operation sudah mencapai angka year-to-date 191 MBOPD dan gas 1.452 MMSCFD. Angka ini sudah melampaui pencapaian tahun 2009.

Sejalan dengan kebijakan energy-mix nasional, sampai Oktober 2010 produksi listrik dari panas bumi sudah mencapai angka 1.753 GWh, dan diharapkan pada 2011, bisnis geothermal akan mampu mencapai target sebesar 10.000 MW pada tahap ke-II yang diamanatkan oleh Pemerintah.

Selain itu Pertamina juga berkomitmen untuk mengembangkan potensi sumber daya coal-bed methane maupun energi alternatif terbarukan seperti biofuel secara agresif untuk meningkatkan kegiatan usaha gas dengan mengembangkan potensi gas strategis di bumi Indonesia.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Field Manager PT Pertamina EP Pangkalan Susu, Sigit Gunanto di aula gedung Guest House, Bukit Khayangan Pangkalan Susu, Jum’at (10/12), Karen juga mengapresiasi kinerja Direktorat Pengolahan yang telah berhasil melakukan efisiensi biaya kilang. Di tengah kondisi infrastruktur kilang Pertamina saat ini, sulit bagi kilang-kilang Pertamina untuk mampu bersaing dengan kilang-kilang kelas dunia lainnya. Namun berkat inovasi, kreativitas, dan kerja keras, upaya peningkatan kapasitas kilang Pertamina tetap mampu kita lakukan. Selain itu kilang Plaju dan Cilacap juga telah memproduksi Minarex-I dan Petramax Racing.

“ Kita juga berharap, melalui berbagai proyek kilang seperti refurbishment Plaju, proyek Blue Sky kilang Cilacap, Bottom-upgrading kilang Balikpapan, revamping kilang Dumai, dan pembangunan kilang Balongan-II yang telah dan akan dilakukan, mampu memberikan dampak positif bagi peningkatan kapasitas kilang Pertamina di Indonesia.

Sementara kontribusi Direktorat Keuangan juga mendapat apresiasi dari Dirut Pertamina atas keberhasilannya melakukan penagihan subsidi BBM dan LPG PSO sebesar Rp 59,2 triliun dari total nilai subsidi yang telah disalurkan sebesar Rp 60,33 triliun.

Selain itu menurut Karen, Perkapalan Pertamina juga telah berhasil membangun pondasi sistem MM Hydro Movement dan Charge Back yang diharapkan akan memperkuat upayanya menjadi world class shipping. Di sisi lain, bisnis Aviasi Pertamina dan Pelumas Pertamina telah mampu membuktikan dan diakui bahwa kualitas avtur dan pelumas Pertamina sudah sejajar dengan produk kelas dunia lainnya.

Akhirnya Karen mengharapkan kepada seluruh pekerja Pertamina untuk tetap memberikan yang terbaik bagi perusahaan, dan jangan memaknai aktivitas kita di Pertamina hanya sekedar mencari nafkah atau bekerja secara rutin. Akan tetapi marilah kita perbarui semangat kita untuk dapat mengelola Pertamina menjadi lebih baik dan menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia. (f01)

No comments:

Post a Comment