Saturday 13 May 2017

Siklon Tropis Ella Melaju Ke Utara Vanua Levu



SUVA, Fiji (Telukharunews) - Menurut Laporan Media yang diinformasikan dari Pusat Prakiraan Cuaca Nasional NADI (the National Weather Forecasting Centre Nadi) yang dipublikasikan oleh Kementerian Infrastruktur dan Transportasi (the Ministry of Infrastructure and Transport) Fiji dalam Media Release No.13 Jum’at, 12 Mei 2017 pukul 17:00 waktu setempat dalam bentuk format PDF menyebutkan,  pada tengah hari ini, Siklon Tropis Ella berada di dekat koordinat 13,7 derajat Lintang Selatan dan 178,0 derajat Bujur Barat atau sekitar 305 km Timur Laut Cikobia. Ini memiliki tekanan sentral 980 HPA dan saat ini bergerak ke arah Barat Laut sekitar 9 km per jam (sekitar 5 knot). Dekat dengan pusatnya, siklon itu diperkirakan memiliki angin rata-rata hingga 100 km per jam dengan hembusan sesaat hingga 150 km per jam.

Siklon Tropis Ella diprediksi akan mempertahankan jalur ke arah Barat dan diperkirakan akan langsung menuju ke arah utara Vanua Levu pada Minggu (14/5) dini hari. Di jalur ini diperkirakan akan terbentang sekitar 260 km Timur Laut Cikobia pada tengah malam malam ini dan sekitar 220 km utara-Timur Laut Cikobia pada tengah hari besok. Siklon Tropis Ella sedikit meningkat dalam 6 jam terakhir dan diperkirakan akan semakin meningkat ketika memasuki jalur barat.
 
Peringatan badai tropis telah diturunkan menjadi peringatan siklon tropis ketika pusat siklon tropis Ella masuk jalur utara ke barat menjauhi wilayah Fiji dalam 6 jam terakhir. Walaupun serangan angin Topan diperkirakan tidak lama berada di bagian utara negara itu, angin tenggara yang kuat kecepatan rata-rata 45 km per jam dengan hembusan hingga 80 km per jam diperkirakan terjadi pada malam ini. Sesekali turun hujan intensitas lebat dan beberapa badai petir.

Selanjutnya, untuk kelompok Lau dan Lomaiviti dan bagian timur Viti Levu, diperkirakan angin tenggara yang kencang terjadi mendadak. Cuaca berawan dengan beberapa hujan dan sedikit Badai petir.

Untuk sebagian wilayah Fiji, diprediksikan akan terjadi angin BaratDaya intensitas sedang hingga menengah. Hujan terjadi pada siang hingga malam hari dan terisolasi dengan badai petir.

Sedangkan untuk pelayaran laut, peringatan angin kencang tetap berlaku untuk wilayah Vanua Levu Utara, Perairan Lau, Laut Koro, dan perairan Vatu-i-Ra dan Kadavu. Diperkirakan gelombang laut kasar hingga sangat kasar dengan angin tenggara 20 sampai 30 knot, hembusan angin berkelanjutan bisa mencapai 45 knot.

Untuk sebagian perairan Fiji, diperkirakan angin timur ke tenggara 15 sampai 20 knot. Gelombang laut tenggara sedang hingga besar.

Sumber: Situs web Badan Meteorologi Fiji, www.met.gov.fj
Editor: Freddy Ilhamsyah PA


No comments:

Post a Comment