Tuesday 9 May 2017

Badai Tropis Parah Donna Intensif Ke Sistem Kategori 5



SUVA, Fiji (Telukharunews) Menurut Media Release No.6 yang dipublikasikan oleh Kementerian Infrastruktur dan Transportasi (the Ministry of Infrastructure & Transport) Republik Kepulauan Fiji pada Senin, 08 Mei 2017 pukul 17:00 waktu setempat, Badai Tropis Parah (Severe Tropical Cyclone) Donna saat itu telah menjadi sistem Kategori 5 dengan pusat tekanan 935 HPA dan memiliki angin badai yang sangat merusak diperkirakan sekitar 110 knots dekat dengan pusat pada pukul 15 sore hari ini.

Siklon Tropis Donna yang parah terletak di dekat garis koordinat 17.2 derajat Lintang Selatan dan 164,9 derajat Bujur Timur berjarak 380 km utara Koumac (Kaledonia Baru) atau 505 km utara-Barat Laut Noumea (Kaledonia Baru) jam 3 sore hari ini. Ini bergerak ke selatan-Tenggara sekitar 12 km per jam. Diproyeksikan perjalanan Donna diperkirakan bisa mempertahankan jalur selatan dan terus bergerak menuju Kaledonia Baru (New Caledonia), Samudera Pasifik bagian Selatan.
Diperkirakan Donna akan tetap menjadi sistem kategori 5 dalam 24 jam ke depan dan diantisipasi untuk secara perlahan melemah setelah itu karena terus bergerak ke arah Tenggara.

Fiji tidak secara langsung diancam oleh Siklon Tropis Parah Donna, bagaimanapun, peringatan angin yang kuat tetap berlaku untuk semua perairan Fiji. Diperkirakan akan menyebabkan gelombang lautan yang tinggi dengan angin Selatan ke Tenggara 20 sampai 25 knot, gusting ke 35 knot.

Selanjutnya, peringatan angin yang kuat tetap berlaku untuk wilayah bagian Selatan Lau Land. Diperkirakan angin Tenggara bisa mencapai 40 hingga 50 km per jam, berkecamuk sampai 60 km per jam.

Editor: Freddy Ilhamsyah PA
Sumber: situs web Badan Meteorologi Fiji, www.met.gov.f

No comments:

Post a Comment