Tuesday 23 February 2016

Peringatan Dini Cuaca Ekstrim Tanggal 22-24 Februari 2016



JAKARTA, Telukharusnews.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Jakarta dalam laman resminya pada Minggu, 21 Februari 2016 pukul 20:02 WIB telah melakukan pemutakhiran data tentang Peringatan Dini Cuaca Ekstrim yang berlaku untuk tanggal 22 sampai 24 Februari 2016 merilis terkait adanya sirkulasi angin di Samudera Hindia sebelah Barat Sumatera Utara, Kalimantan Barat dan Laut Arafura. Pertemuan angin terdapat di Laut Jawa. Perlambatan kecepatan angin di Selat Karimata, Selat Makassar hingga Papua Barat. Kelembaban udara yang tinggi di Indonesia. Kondisi ini mendukung proses pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.
Citra ini diambil pada pita gelombang inframerah dan menggambarkan suhu relatif/hangat atau dinginnya obyek-obyek yang teramati oleh satelit cuaca. Awan-awan rendah umumnya suhunya lebih hangat dan berada relatif dekat terhadap permukaan bumi dan berwarna biru tua s/d hijau muda, sementara awan-awan bersuhu lebih dingin yang umumnya puncak awannya lebih tinggi berwarna oranye s/d pink terang. Citra inframerah ini sangat berguna untuk mendeteksi awan-awan baik di waktu siang maupun malam hari.

Akibat adanya kondisi tersebut menurut Meteo BMKG beberapa wilayah di Indonesia berpotensi Hujan Lebat yaitu masing-masing di :

  •     Jawa Tengah bagian Utara
  •     Nusa Tenggara Timur bagian Utara
  •     Kalimantan Tengah
  •     Kalimantan Selatan
  •     Sulawesi Barat
  •     Sulawesi Tengah bagian Selatan
  •     Sulawesi Tenggara

Sementara wilayah yang berpotensi Hujan Lebat disertai Kilat/Petir dan Angin Kencang/Puting Beliung adalah Bangka Belitung, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Timur dan Kalimantan Barat.

Editor: Freddy Ilhamsyah PA

No comments:

Post a Comment