Monday 22 February 2016

Peringatan Cuaca Signifikan 23 Februari 2016


Animasi ini menunjukkan pertumbuhan dan pergerakan awan. Pada citra ini, awan yang ditampilkan adalah awan dengan suhu puncak lebih kecil dari nol derajat Celcius. Semakin dingin suhu puncak awannya (ditunjukkan dengan warna yang semakin putih) maka semakin tinggi pula potensi terjadinya hujan.  Foto BMKG

JAKARTA, Meteo BMKG pada Senin, 22 Februari 2016 telah mengeluarkan Peringatan Cuaca Signifikan yang berlaku untuk Selasa, 23 Februari 2016 yang diprakirakan akan terjadi di beberapa wilayah Indonesia sebagai berikut:

»  Prakiraan Cuaca Propinsi Nusa Tenggara Barat:
Waspadai Hujan yang disertai Petir dan Angin Kencang di sebagian besar wilayah Nusa Tenggara Barat pada Siang hingga Sore Hari.

»  Prakiraan Cuaca Propinsi Sulawesi Tengah:
Potensi Hujan Sedang hingga Lebat disertai Petir/Kilat dan Angin Kencang di wilayah Kabupaten Poso, Kabupaten Buol dan Kabupaten Morowali.

»  Prakiraan Cuaca Propinsi Kalimantan Barat:
Waspada Hujan yang terjadi berpotensi disertai Angin Kencang dan Guntur.

»  Prakiraan Cuaca Propinsi Kalimantan Tengah:
Waspada Hujan dengan Intensitas Sedang hingga Lebat disertai adanya Petir terjadi di Kalimantan Tengah bagian Barat dan Utara.
Peta Prakiraan Tinggi Gelombang dan Potensi Hujan 24-jam yang berlaku mulai Senin, 22 Februari 2016 pukul 19:00:00 WIB sampai Selasa, 23 Februari 2016 pukul 07:00:00 WIB (Gambar BMKG).
»  Prakiraan Cuaca Propinsi Bangka Belitung:
Waspada Gelombang Maksimum mencapai 2 sampai dengan 3 meter di Perairan Utara Bangka, Selat Gelasa dan Selat Karimata.

»  Prakiraan Cuaca Propinsi Maluku Utara:
Waspada Gelombang Tinggi Lebih dari 2 meter berpotensi terjadi di Samudera Pasifik Utara Halmahera dan Perairan Utara Halmahera.

»  Prakiraan Cuaca Propinsi Jambi:
Waspada Hujan dengan intensitas Sedang hingga Lebat disertai Petir dan Angin Kencang di Provinsi Jambi bagian Barat dan Provinsi Jambi bagian Timur.

»  Prakiraan Cuaca Propinsi Kalimantan Selatan:
Waspada Potensi Hujan Lebat disertai Petir dan Angin Kencang secara Tiba Tiba di wilayah Kalimantan Selatan bagian Timur dan Selatan.

Editor: Freddy Ilhamsyah PA

No comments:

Post a Comment