Thursday 12 March 2015

Empat Aspek Fundamental untuk Urusan Energi



JAKARTA, Telukharunews.com – Empat aspek dalam urusan energi, empat aspek tersebut harus menjadi fokus utama jika ingin mambahas masalah energi. Empat aspek tersebut yaitu, resources, bauran energi, infrastruktur dan kompetisi antara energi dan food. Demikian diutarakan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said dalam sambutannya saat membuka acara Singkronisasi Perencanaan Strategis 2015-2019 Dalam Rangka Pencapaian Sasaran Kebijakan Energi Nasional, Kamis (12/03).

Mengenai empat aspek fundamental energi lebih lanjut dijelaskan Menteri, “beberapa aspek fundamental yang harus dicerna dalam urusan energi kita, pertama, soal resources, soal sumber daya energi. Kedua, bauran energi yang akan dikelola kedepan, ketiga infrastruktur dan yang terakhir kompetesi antara food dan fuel.

Dalam mengelola sumber daya energi lanjut Menteri, kita punya isu strategis misalnya bagaimana kita tidak hanya mengambil reserve, tetapi juga mengelola energi dengan baik dan bijaksana, terutama fosil. Energi fosil by nature akan habis, tetapi resources energi baru belum cukup kita dorong pengembangannya. “Ini ada kaitannya bagaimana kita terkait dengan menjaga horizon perencanaan, kadang-kadang kita terperangkap pada pikiran-pikiran yang jangka pendek terus sehingga yang jauh itu engga kita pikirkan tau-tau masanya datang kemudian kita menjadi sibuk, menjadi kelabakan. Jadi tantangan pertama adalah bagaimana kita mendiversifikasi resources dari semata-mata seluruhnya tergantung dari energi fosil menuju ke energi terbarukan,” ujar Menteri.

Menteri menegaskan, secara fiskal, sejak 10 tahun terakhir APBN kita telah mengeluarkan dana sebesar Rp 2.600 triliun untuk memberikan subsidi pada energi fosil, yang tentunya suatu saat akan habis, tetapi ketika resources mulai penurunan yang begitu cepat, kemudian kita belum mempunyai cadangan atau belum mempunya resources untuk energi baru, APBN kita tidak akan cukup serius mengalokasikan jumlah yang cukup baik untuk membangun energi baru.

Menteri berharap, anggota Dewan Energi Nasional dapat mensingkronkan empat aspek fundamental dengan manajemen fiskal. “Ini adalah aspek fundamental yang yang mungkin memerlukan pemikiran dari Bapak dan Ibu di Dewan Energi Nasional, bagaimana kita mendukung kebijakan energi dengan juga aspek-aspek manajemen fiskal nasional ” ujar Menteri.

“Rekan-rekan dari Kementerian juga mencatat ini sebagai satu masukkan bahwa fiscal policy kita kedepan, ketika kita bicara mengenai energi terbarukan betul-betul didorong tidaks aja dalam bentuk insentif tetapi juga alokasi yang cukup signifikan untuk mulai membangun sumber daya energi yang terbarukan,” lanjut Menteri.

Sumber : Kementerian ESDM

No comments:

Post a Comment