Thursday 12 March 2015

Dokumen RUEN Harus Jadi Dokumen “Hidup”



JAKARTA, Telukharunews.com - Menteri ESDM berharap dokumen Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) yang akan selesai tahun ini tidak akan berkahir hanya menjadi dokumen saja. Rencana-rencana dan target-target yang tercantum di dalam RUEN harus dilaksanakan dan menjadi pedoman dalam pengelolaan energi nasional.

“RUEN ini harus selesai tahun ini, secara normatif, tetapi apapun yang nanti dihasilkan kita tetap melihatnya sebagai suatu dokumen yang “hidup” dan saya tidak tahu apakah ini juga kesempatan yang baik untuk mereview kebijakan energi nasional sehingga nanti lebih singkron,” ujar  usai membuka acara Singkronisasi Perencanaan Strategis 2015-2019 Dalam Rangka Pencapaian Sasaran Kebijakan Energi Nasional, Kamis (12/03).

Dokumen RUEN tidak berhenti menjadi sebuah laporan saja namun harus menjadi pedoman dalam mengelola energi nasional. “Secara positif kita harus apresiasi proses ini dan mudah-mudahan pada bulan Oktober 2015 dokumen ini betul-betul bisa terwujud dan tidak berhenti sekedar dokumen, tetapi betul-betul menjadi suatu guidence, suatu pedoman bagi kita untuk secara bersama-sama masyarakat mengelola energi secara nasional,” lanjut Menteri.

Selanjutnya kepada pemerintah daerah baik provinsi dan kabupaten Menteri meminta agar segera merencanakan pengelolaan energi daerahnya masing-masing, karena merencanakan pengelolaan energi daerah hakikatnya mengelola energi nasional. “Ketika urusan negara makin komplek maka andalan kita adalah “kaki” yang didaerah, yang tahu secara persis kondisi di lapangan adalah masyarakat daerah itu sendiri dan Rencana Umum Energi Nasional mesti diterjemahkan Rencana Energi Daerah baik di level Provinsi dan Kabupaten,” ujar Menteri.

Sumber : Kementerian ESDM

No comments:

Post a Comment