Thursday 13 November 2014

TAC Eksindo Lakukan Pemboran Sumur ATD-5 Di Struktur Telaga Said



Rig ZSA (Zheng Yuan Southern Asia). Foto THNews

PANGKALANBRANDAN, Telukharunew.com - Pertamina EP - Technical Assistance Contract (TAC) Eksindo Telaga Said Darat kembali melakukan pemboran sumur kedua di Struktur Telaga Said di Desa Telaga Said Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara, Rabu (12/11).

Pemboran sumur minyak ATD-5 merupakan lanjutan setelah selesai penajakan sumur ATD-1 di Desa Lama Baru yang masih berada di wilayah Struktur Telaga Said beberapa waktu lalu.

Menurut Drilling Enginnering TAC Eksindo, Terza, pelaksanaan pemboran sumur ATD-5 akan dilakukan mencapai kedalaman 500 sampai 600 meter dengan perkiraan masa kerja dapat diselesaikan selama 15 hari. Pemboran ini dilakukan dengan mempergunakan Rig ZSA (Zheng Yuan Southern Asia), Tiongkok.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Langkat M.Iskandar dalam sambutannya antara lain mengungkapkan, selama ini nama besar Telaga Said yang dikenal sebagai daerah penghasil minyak bumi yang terbesar pertama di Indonesia bahkan di Asia tenggara sejak tahun 1885, terkesan dilupakan.


“Kini Pertamina EP-TAC Eksindo memberanikan diri berupaya semaksimal mungkin untuk “menghidupkan kembali”  Struktur Telaga Said melalui pengeboran yang telah dan akan dilakukan sebentar lagi dengan mempergunakan perabot bor berasal dari negeri tirai bambu Tiongkok,” ujarnya.

Oleh sebab itu kepada segenap elemen masyarakat dia berharap dukungan dan doa semoga eksplorasi yang akan dilaksanakan dapat berhasil seperti yang diharapkan agar Telaga Said kembali dikenal sebagai wilayah sumber minyak di Kabupaten Langkat. Apabila Eksindo berhasil dalam pemboran ini, maka Kabupaten Langkat akan memperoleh tambahan masukan dari Dana Bagi Hasil Minyak sebesar 6 persen dari hasil lifting atau minyak yang dijual.
Kadis Pertambangan dan Energi Kab.Langkat, M.Iskandar saat membe.ri sambutan (Foto THNews)

Hal senada juga disampaikan Camat Sei Lepan Faisal Rizal Matondang, apabila pemboran sumur ATD-5 berhasil, selain Dana Bagi Hasil Minyak yang diperoleh daerah ini juga bantuan melalui program CSR (Corporate Social Resposibility) juga akan mengalir di Kecamatan Sei Lepan khususnya Desa Telaga Said.

Pada awal Eksindo hadir di daerah ini, infrastruktur badan jalan sudah tampak lebar dan bagus setelah diperbaiki oleh TAC Eksindo. Ini sangat penting, tambahnya, mengingat infrastruktur badan jalan merupakan akses utama untuk meningkatkan perekonomian warga setempat.

Sementara Field Manager Pertamina EP - TAC Eksindo Telaga Said Darat H.Aswin dalam acara peresmian penajakan sumur minyak ATD-5 tidak lupa menyampaikan rasa terima kasih perusahaan kepada masyarakat yang sudah turut mendukung kegiatan operasional penajakan baik yang telah dan yang akan dilaksanakan sebentar lagi. “Tanpa dukungan dari seluruh elemen masyarakat, tidak mungkin operasional kami di daerah ini dapat berjalan dengan lancar,” ucap Aswin.

Turut hadir dalam acara doa bersama dan peresmian penajakan sumur ATD-5, Kapolsek Pangkalanbrandan AKP SR Tambunan, Danramil 13 Kapt.Inf. Nasril Tanjung, GM Pertamina EP -TAC Eksindo Telaga Said Darat Jacky Yao, Field Manager H.Aswin , Kades Telaga Said Sujuno beserta tokoh pemuda, agama dan masyarakat.

Di sela-sela acara tersebut, Humas TAC Eksindo Telaga Said Darat, Irwan Hasri Kantan,SE kepada Telukharunews.com menjelaskan pihak perusahaan telah melakukan penyembelihan satu ekor lembu untuk kenduri selamatan agar penajakan sumur ATD-5 berjalan lancar dan dapat membuahkan hasil berupa minyak. (fi)

No comments:

Post a Comment