Sunday 13 April 2014

Prakiraan Cuaca Mingguan Tanggal 13 sampai 16 April 2014


Siklon Tropis “ITA” (960 hPa) dengan kecepatan maksimum 85 knots, bergerak ke arah barat – BaratDaya mendekati    wilayah Indonesia (gambar Google Earth/THNews.com)

JAKARTA, Telukharunews.com - Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, berdasarkan  hasil pemantauan sebagai dasar pertimbangan menjebutkan, adanya pusat tekanan rendah di Samudra Hindia Barat Sumatera dan Barat Daya Banten (1010 HPA); terdapat tekanan rendah di Samudera Pasifik Maluku (1008 HPA) dan terdapat Siklon Tropis “ITA” (960 hPa) dengan kecepatan maksimum 85 knots, bergerak ke arah Barat – barat Daya mendekati wi layah Indonesia. Kondisi ini memberikan dampak pada terbentuknya pola pertemuan angin di wilayah perairan Sumatera bagian Barat, Laut Jawa, Maluku bagian Selatan, Tenggara hingga Papua bagian Utara. Suhu Muka Laut di sebagian besar wilayah perairan Indonesia umumnya berkisar antara 26.0 – 31.5 C dengan Suhu Muka Laut tertinggi terjadi di wilayah laut laut Timor bagian Selatan dan Samudera pasifik Timur Papua dengan kisaran 29-31.5 C.

Angin di wilayah Indonesia sebelah Utara ekuator umumnya bertiup dari arah Barat Laut – Timur Laut. Sedangkan di sebelah Selatan ekuator angin umumnya bertiup dari arah Barat Daya – Barat Laut, kecuali di wilayah Papua bagian Selatan dari arah Tenggara – Barat Daya. Kecepatan angin umumnya berkisar antara 05 – 37 km/jam dengan kecepatan angin tertinggi terjadi di sekitar Perairan Barat Sumatera bagian Selatan, Perairan Selatan Jawa Barat, Samudera Pasifik Utara Maluku dan Ppaua, Laut Arafuru dan Laut Timor bagian Selatan.

Hujan dengan intensitas sedang – lebat berpotensi terjadi di wilayah Pesisir barat Sumatera bagian Tengah dan Selatan, Sumatera bagian Selatan, Kalimantan Timur bagian Utara, Sulawesi bagian Tenggara, Maluku bagian Selatan dan Tenggara, Papua bagian Tengah dan Selatan, Jawa bagian Barat dan Jawa Tengah dan Timur bagian Selatan.

Wilayah Jabodetabek

JAKARTA : Umumnya berawan dan berpotensi hujan sedang kadang lebat terutama antara siang/sore dan malam hari terutama di wilayah Barat dan Utara.

BOGOR : Umumnya berawan dan berpotensi hujan ringan – sedang terutama antara siang/sore dan malam hari.

TANGERANG : Umumnya berawan dan berpotensi hujan sedang kadang lebat terutama antara siang/sore dan malam hari.

BEKASI : Umumnya berawan dan berpotensi hujan ringan – sedang terutama antara siang/sore dan malam hari.

DEPOK : Umumnya berawan dan berpotensi hujan ringan – sedang, terutama antara siang/sore dan malam hari.

Wilayah Indonesia Lainnya
               
SUMATERA : Umumnya berawan dengan potensi hujan ringan – sedang di wilayah Sumatera bagian Utara dan berpotensi hujan sedang – lebat di wilayah Selatan pada siang/sore dan malam hari.

KALIMANTAN : Umumnya berawan dan potensi hujan ringan di wilayah Kalimantan Timur bagian Utara dan Kalimantan bagian Utara pada siang – sore hari.

SULAWESI : Umumnya berawan dan potensi hujan ringan – sedang di wilayah Sulawesi bagian Tenggara dan Selatan pada siang – sore/malam.

MALUKU : Umumnya berpotensi hujan ringan – sedang di wilayah Maluku bagian Selatan dan Tenggara pada siang/sore hari.

PAPUA : Umumnya berpotensi hujan ringan – sedang di wilayah Papua bagian Barat dan Selatan, sedangkan potensi hujan sedang-lebat di wilayah Papua bagian Tengah pada sore/malam hari.

JAWA : Umumnya berawan dan berpotensi hujan ringan – sedang di wilayah Jawa Barat bagian Utara, sedangkan berpotensi hujan sedang – lebat di wilayah Jawa barat bagian Barat dan Selatan pada siang/sore dan malam hari.

BALI, NTT dan NTB : Umumnya berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Bali dan NTB bagian Barat pada siang/sore hari.
Angin di wilayah Indonesia sebelah Utara ekuator umumnya bertiup dari arah Barat Laut – Timur Laut. Sedangkan di sebelah Selatan ekuator angin umumnya bertiup dari arah Barat Daya – Barat Laut, kecuali di wilayah Papua bagian Selatan dari arah Tenggara – Barat Daya. (Gambar peta BMKG).
Peringatan Dini Cuaca Ekstrim
Tanggal 12 – 14 April 2014

Adanya daerah tekanan rendah di Samudera Pasifik sebelah Timur Filipina dan di Samudera Hindia sebelah Barat Daya Banten. Pumpunan angin memanjang dari Laut Jawa, Kalimantan bagian Tengah hingga Laut Maluku. Kelembaban udara cukup tinggi serta suhu muka laut di wilayah perairan Indonesia yang hangat mempengaruhi pertumbuhan awan hujan di sebagian besar wilayah Indonesia

Wilayah yang berpotensi hujan lebat adalah :

* Pesisir Barat Sumatera bagian Selatan
* Bengkulu
* Sumatera Selatan
* Lampung
* Banten
* Jawa Barat bagian Barat dan Tengah
* Kalimantan Utara

Keterangan :

Hujan ringan dengan intensitas : 0,1 - 5,0 mm/jam atau 5 - 20 mm/hari.
Hujan sedang dengan intensitas : 5,0 - 10,0 mm/jam atau 20 - 50 mm/hari.
Hujan lebat dengan intensitas : 10,0 - 20 mm/jam atau 50 - 100 mm/hari.
Hujan sangat lebat dengan intensitas : >20 mm/jam atau >100 mm/hari.

Sumber: BMKG

No comments:

Post a Comment