Tuesday 25 March 2014

Najib : Jalur Penerbangan MH370 Berakhir Di Samudera Hindia Selatan



Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak saat mengumumkan bawa jalur penerbangan Malaysia Airlines ( MAS ) Flight MH370 berakhir di Samudera Hindia selatan. (Foto Bernama).

KUALA LUMPUR, ( Bernama ) - Setelah 17 hari menunggu kesakitan, Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak mengumumkan malam ini bahwa jalur penerbangan Malaysia Airlines ( MAS ) Flight MH370 yang hilang berakhir di Samudera Hindia selatan.

Dia membuat pengumuman berikut analisis sebelumnya tidak pernah digunakan oleh UK Air Accidents Investigation Branch (AAIB) dan Inmarsat, perusahaan Inggris yang menyediakan data satelit yang menunjukkan koridor utara dan selatan .

Menggunakan jenis analisis yang belum pernah digunakan dalam investigasi semacam ini, mereka telah mampu menjelaskan lebih lanjut tentang jalur penerbangan MH370 itu .

Berdasarkan analisis baru mereka, Inmarsat dan AAIB telah menyimpulkan bahwa MH370 terbang sepanjang koridor selatan, dan posisi terakhirnya berada di tengah Samudera Hindia, sebelah barat Perth.

" Ini adalah lokasi terpencil, jauh dari tempat pendaratan mungkin. Oleh karena itu, dengan sedih dan menyesal bahwa saya harus memberitahu Anda bahwa, menurut data baru ini, Flight MH370 berakhir di Samudra Hindia bagian selatan," kata Najib media konferensi di Putra World Trade Centre ( PWTC ) di sini.

Perdana menteri mengatakan MAS telah berbicara dengan keluarga para penumpang dan awak untuk memberitahu mereka tentang perkembangan ini.

" Bagi mereka , beberapa minggu terakhir telah memilukan; Aku tahu berita ini harus lebih sulit lagi saya mendesak media untuk menghormati privasi mereka, dan untuk memungkinkan mereka ruang yang mereka butuhkan di masa sulit ini, " tambah Najib.

Dia mencatat bahwa rincian lebih lanjut tentang pembangunan akan diumumkan besok. Najib mengatakan konferensi pers terjadwal malam ini diadakan untuk menginformasikan dunia pengembangan baru pada kesempatan pertama.

" Kami berbagi informasi ini dari komitmen keterbukaan dan menghormati keluarga, dua prinsip yang telah membimbing penyelidikan ini, " katanya .

Juga hadir malam itu Bertindak Menteri Transportasi Datuk Seri Hishammuddin Tun Hussein , Menteri Luar Negeri Datuk Seri Anifah Aman dan Departemen Penerbangan Sipil Direktur Jenderal Datuk Azharuddin Abdul Rahman .

CEO MAS Ahmad Jauhari Yahya terlihat menangis saat pengumuman itu dibuat.

Pada saat pengumuman, air mata mengalir di wajah banyak wartawan yang telah mengikuti perkembangan operasi pencarian dan penyelamatan untuk menemukan MH370, yang memasuki hari ke-17 hari ini .

MH370, yang membawa 227 penumpang dan 12 awak dalam penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing, menghilang dari layar radar sekitar satu jam setelah berangkat dari Bandara Internasional Kuala Lumpur pada 8 Maret pukul 00:41 waktu Malaysia.

Pesawat dijadwalkan mendarat di Beijing pada pukul 06:30 ( waktu Malaysia ) pada hari yang sama.

Upaya pencarian dibagi menjadi dua koridor, yakni koridor utara dari Kazakhstan dan Turkmenistan perbatasan ke bagian utara Thailand, dan koridor selatan meliputi daerah dari Indonesia ke bagian selatan dari Samudera Hindia.

Operasi SAR melibatkan MH370 digambarkan sebagai yang terbesar dari jenisnya dalam sejarah, dengan lebih dari 27 negara yang terlibat.(fi)

No comments:

Post a Comment