Saturday 1 March 2014

Peringatan Dini Cuaca Ekstrim Tanggal 28 Februari 2014 sampai 02 Maret 2014




Animasi ini menunjukkan pertumbuhan dan pergerakan awan. Pada citra ini, awan yang ditampilkan adalah awan dengan suhu puncak lebih kecil dari nol derajat Celcius. Semakin dingin suhu puncak awannya (ditunjukkan dengan warna yang semakin putih) maka semakin tinggi pula potensi terjadinya hujan. (BMKG)

JAKARTA, Adanya daerah tekanan rendah di Barat Daya Sumatera, Utara Papua Nugini dan Utara Australia serta pumpunan angin memanjang dari Sulawesi bagian Selatan hingga Maluku. Kelembapan udara cukup tinggi di wilayah Sumatera bagian Selatan, Jawa bagian Barat sebagian besar Kalimantan dan Sulawesi bagian Selatan serta Papua mempengaruhi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia.

a. Wilayah yang berpotensi hujan lebat adalah :

    Bengkulu
    Lampung bagian Tengah
    Banten
    Jawa Barat bagian Barat
    Kalimantan Barat
    Kalimantan Tengah
    Kalimantan Timur bagian Barat
    Kalimantan Selatan bagian Utara
    Sulawesi Tengah
    Sulawesi Tenggara bagian Utara

b. Wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang / puting beliung adalah :

    Papua Barat
    Papua bagian Tengah


Citra ini diambil pada pita gelombang inframerah dan menggambarkan suhu relatif/hangat atau dinginnya obyek-obyek yang teramati oleh satelit cuaca. Awan-awan rendah umumnya suhunya lebih hangat dan berada relatif dekat terhadap permukaan bumi dan berwarna biru tua s/d hijau muda, sementara awan-awan bersuhu lebih dingin yang umumnya puncak awannya lebih tinggi berwarna oranye s/d pink terang. Citra inframerah ini sangat berguna untuk mendeteksi awan-awan baik di waktu siang maupun malam hari. (BMKG)
Peringatan Cuaca Signifikan 01 Maret 2014
Daftar Warning

»  Prakiraan Cuaca Jabodetabek : Waspadai potensi Hujan yang dapat disertai Kilat/Petir dan Angin Kencang dalam durasi singkat.

»  Prakiraan Cuaca Propinsi Kalimantan Barat: Waspada Hujan yang terjadi berpotensi disertai Guntur.

»  Prakiraan Cuaca Propinsi Bali: Waspadai potensi Hujan yang disertai Kilat/Petir dan Angin Kencang berdurasi singkat.

»  Prakiraan Cuaca Propinsi Kalimantan Tengah: Waspada Hujan Intensitas Sedang sampai Lebat disertai Adanya Petir/Angin Kencang di Wilayah Kalimantan Tengah bagian Utara.

»  Prakiraan Cuaca Propinsi Kalimantan Selatan: Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang di wilayah Kalimantan Selatan bagian Utara dan Tengah.

»  Prakiraan Cuaca Propinsi Riau Kepulauan: Dihimbau agar mengantisipasi potensi terjadinya Kebakaran Lahan di wilayah Kepulauan Riau akibat Suhu Udara yang tinggi, Kurangnya Hujan serta Kecepatan Angin yang Kencang. Kondisi Ini diprakirakan masih akan berlangsung hingga beberapa hari kedepan.

»  Prakiraan Cuaca Propinsi Maluku Utara: Waspada Gelombang Tinggi Maksimum mencapai 4 meter berpotensi terjadi di Laut Halmahera, perairan Utara dan Timur; halmahera, serta Gelombang Tinggi hingga 3 meter berpotensi terjadi di Laut Maluku bagian Utara dan Selatan serta perairan Barat Halmahera.

»  Prakiraan Cuaca Propinsi Banten: Waspadai potensi Hujan yang dapat disertai Kilat/Petir dan Angin Kencang dalam durasi singkat.

Sumber: BMKG

No comments:

Post a Comment