Thursday 13 February 2014

Gempabumi Kuat Mengguncang China, Tidak Ada Korban Yang Dilaporkan



BEIJING, AP - Sebuah gempa kuat melanda daerah yang jarang penduduknya di Xinjiang wilayah Barat China pada hari Rabu, 12 Februari 2014  merusak beberapa rumah, meskipun tidak ada korban yang dilaporkan.

Survei Geologi AS mengatakan gempa berkekuatan 6,9 skala Richter berpusat di 268 km sebelah timur-Tenggara dari Hotan pada kedalaman 10 km. Jaringan Pusat Gempa China mencatat gempa berkekuatan 7,3 SR dan mengatakan sedikitnya 20 gempa susulan yang lebih kecil terjadi selama dua jam berikutnya.

Pusat gempa berada di Yutian, daerah pegunungan beberapa ribu meter di atas permukaan laut di tepi gurun Taklamakan. Pada Maret 2008 di daerah itu juga pernah terjadi gempa berkekuatan 7,2 SR yang telah meruntuhkan beberapa rumah, tetapi tidak menyebabkan korban.
Pusat Peneliti Jaringan Gempa China, Sun Shihong mengatakan korban dari gempa Rabu kemungkinan akan sedikit.

Sementara Direktur Biro Urusan Sipil Yutian, Zhang Chong, mengatakan melalui telepon bahwa tidak ada korban telah yang dilaporkan. Seorang petugas polisi di Yutian mengatakan ia telah merasakan getaran mengguncang kantor polisi dan berlari keluar.

Wang Gang, Kepala Pemadam Kebakaran di Yutian, mengatakan kepada penyiar CCTV nasional ia menuju dari pusat pemerintahan kabupaten ke zona gempa, sekitar 100 km jauhnya, dengan tim polisi dan pemadam kebakaran.

Pejabat lainnya yang diwawancarai oleh CCTV kemudian mengatakan gempa telah merusak rumah-rumah tua terutama di daerah dan bahwa tidak ada korban telah dilaporkan. Penyiar memperlihatkan gambar warga berkumpul di ruang terbuka dekat gedung-gedung apartemen yang muncul sebagian besar rusak.

Gempa terburuk di China dalam beberapa tahun terakhir adalah gempa berkekuatan 7,9-yang melanda provinsi Baratdaya Sichuan pada tahun 2008, meninggalkan sekitar 90.000 orang tewas atau hilang. (fi)

Sumber: The Japan Times Online

No comments:

Post a Comment