Saturday 28 December 2013

Depresi Tropis Tropical Low 98S (update) di Selatan Pulau Sumba NTT



JAKARTA, (Telukharunews.com) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika-Tropical Cyclone Warning Centre Jakarta telah memperbarui merilis sebelumnya melalui Buletin Informasi Siklon Tropis pada Jum’at, 27 Desember 2013 pukul 20:27 WIB telah merilis tentang keberadaan Depresi Tropis Tropical Low 98S.

Kondisi Depresi Tropis Tropical Low 98S pada Jum’at 27 Desember 2013 pukul 07:00 WIB berada di kordinat 14.2°LintangSelatan, 120.4°BujurTimur (sekitar 440 km sebelah selatan-BaratDaya Sabu) bergerak ke arah barat-BaratDaya dengan kecepatan 9 knots (17 km/jam) menjauhi wilayah Indonesia.
Sedangkan kecepatan angin maksimum mencapai 25 knots (45 km/jam).

Dampak terhadap cuaca di Indonesia

Tropical Low 98S ini memberikan dampak terhadap kondisi cuaca di wilayah Indonesia berupa :

  • Hujan dengan intensitas ringan - sedang di wilayah Kalimantan bagian selatan, Jawa bagian Timur, NTT, NTB, dan Maluku.
  • Angin kencang lebih dari 15 knot berpotensi terjadi di wilayah NTT dan NTB.
  • Gelombang laut dengan tinggi 2 - 3 meter berpotensi terjadi di Perairan selatan Bali hingga NTB.
  • Gelombang laut dengan tinggi 3 - 4 meter berpotensi terjadi di Samudera Hindia selatan Bali hingga NTT, Perairan Kupang, Perairan selatan Lombok, Laut Flores dan Laut Timor selatan NTT.
  • Gelombang laut dengan tinggi 4 - 6 meter berpotensi terjadi di Perairan selatan Pulau Sumba, Perairan Pulau Rote, Laut Sawu bagian Selatan dan Samudera Hindia selatan NTB - NTT. (fi)

Sumber: BMKG-TCWC Jakarta



No comments:

Post a Comment