Saturday 25 June 2011

Koni Dan Muspika Pangkalansusu Tingkatkan Sarana Olahraga

THNews.com

Mengingat bahwa semangat berolahraga generasi muda Pangkalan Susu yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun, maka KONI bekerjasama dengan Muspika Kecamatan Pangkalansusu saat ini mulai merehabilitasi sarana olahraga di daerah itu.

Menurut Camat Pangkalansusu, Drs. Sukhyar Mulyamin, M.Si kepada Telukharunews.com di ruang kerjanya, Kamir (23/6), tujuan diubahnya lapangan sepak bola di jalan Tambang Minyak Pangkalansusu menjadi gelanggang olahraga selain di Pangkalansusu belum ada belum memiliki sarana olahraga yang representatif juga disebabkan saat ini sudah banyak bermunculan club olahraga diantaranya sepak bola, Volly, Basket, Futsal, atletik dan olahraga beladiri.

“Akibatnya penyaluran bakat dan minat generasi muda menjadi tidak maksimal.
Kendala sarana dan prasarana yang tidak memadai itu merupakan tanggung jawab kita bersama baik Pemerintah Daerah, BUMN, Perusahaan Swasta, Organisasi Kemasyarakatan dan seluruh elemen masyarakat,” kata Sukhyar yang juga adalah pembina KONI Kecamatan Pangkalansusu.

Oleh sebab itu, tambah pembina/penasehat KONI Kecamatan Pangkalansusu, penyediaan fasilitas olahraga yang layak diharapkan dapat memberi pengaruh positif serta meminimalisir pengaruh negatif bagi generasi muda.

Menjawab pertanyaan Telukharunews.com, Ketua Koni Pangkalansusu, Fauzi saat ditemui di lokasi proyek menyebutkan bahwa kondisi lapangan sepak bola saat ini sudah tidak memadai lagi untuk menampung aktivitas berbagai cabang olahraga yang terus berkembang.

“Kita lihat saja, permukaan tanah dan rumput lapangan sudah tidak memadai disebabkan aktivitas sepeda motor dan hewan ternak yang memasuki lapangan sepak bola, karena pagar lapangan sepak bola sebagian sudah rusak, patah dan tidak memiliki pintu gerbang, sehingga hewan ternak seperti lembu dan kambing leluasa masuk ke lapangan. Akibatnya, lapangan menjadi kotor dan sangat mengganggu kebersihan lingkungan,” kata Fauzi.
Lapangan Sepak Bola yang akan disulap menjadi Gelanggang Olahraga Pangkalansusu

Bukan hanya itu saja, lanjut Fauzi, kondisi lapangan yang tidak memadai juga menimbulkan ketidaknyamanan saat digunakan untuk kegiatan shalat Idul Fitri, Idul Adha, Tabligh Akbar serta Upacara Hari Besar Nasional.

Menurut Fauzi, guna menyelaraskan sebutan Gelanggang Olahraga, di sebelah barat areal lapangan sepak bola akan dibangun 2 lapangan Volly Putra-putri, 1 lapangan basket, 1 lapangan futsal, dan di kanan-kiri lapangan juga dibuat arena untuk kegiatan atletik dan jalan berpijakan refleksi.

Sedangkan untuk penghijauan, di sekeliling lapangan sarana olahraga akan ditanami pohon lindung, dan di sepanjang jalan Kamil Hasyim akan dibuat lapak dan tenda untuk pedagang kaki lima.

Menyinggung mengenai sumber dana disebutkan berasal dari partisipasi masyarakat yang peduli akan pembangunan sarana olahraga. Bantuan tersebut bisa berupa material ataupun uang dan peralatan pengerjaan dari pemerintah daerah, BUMN, Bank, perusahaan swasta, serta kontraktor/pemborong.

No comments:

Post a Comment