Wednesday 17 August 2016

Tim Independen Konfirmasi Kebenaran Cerita Haris Azhar


Anggota Tim Independen Polri Hendardi mengonfirmasi kebenaran dari pertemuan Haris Azhar dan Fredi Budiman. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Jakarta, CNN Indonesia -- Tim Independen Polri berhasil mengonfirmasi tulisan Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Haris Azhar dalam artikel berjudul Cerita Busuk dari Seorang Bandit.

Anggota Tim Independen Polri, Hendardi, mengatakan berdasarkan hasil penelusuran sementara di Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, artikel Haris benar-benar menuliskan cerita yang disampaikan oleh bandar narkotik sekaligus terpidana mati mendiang Fredi Budiman saat keduanya bertemu pada 2014.

Menurut dia, fakta itu terkuak setelah pihaknya mewawancarai sejumlah petugas Lapas Nusakambangan dan terpidana kasus pembunuhan berencana John Refra Kei.

"Memang benar pertemuan itu (terjadi). Benar juga apa yang dinyatakan Haris, tidak ditambahkan atau dikurangi," kata Hendardi saat dikonfirmasi Rabu (17/8).

Meski demikian, kata Hendardi, pihaknya masih akan mewawancarai Kepala Lapas Nusakambangan dan para tahanan yang diduga hadir saat pertemuan Haris dan Fredi terjadi pada 2014. Menurutnya, langkah itu ditempuh guna mendapatkan informasi lebih dalam, terutama menemukan nama-nama oknum aparat Polri yang dimaksud oleh Fredi.

Hendardi pun yakin pihaknya masih bisa mendapatkan informasi tersebut. Sebabnya, Fredi dikenal sebagai sosok yang gemar mengumbar cerita soal keterlibatan oknum aparat penegak hukum dalam bisnis narkotiknya.

"Pembicaraan itu memang dia sering bicara ke mana-mana. Kami cari beberapa saksi lain yang mau bicara soal hal tersebut," ujar Hendardi.

Lebih dari itu, dia menyampaikan pihaknya akan mencoba menelusuri rekam perjalanan Fredi di dua lembaga pemasyarakatan lainnya yang ada di Nusakambangan, yakni Batu dan Pasir Putih.

Tim Independen Polri, Hendardi menambahkan, juga akan mereka ulang peristiwa pertemuan Haris dan Fredi. Menurut Hendardi, pihaknya ingin memastikan siapa saja yang hadir dalam pertemuan kala itu.

"Kami pun akan melacak administrasi saat itu, tamunya siapa saja yang berhubungan dalam pertemuan itu lewat buku tamu," katanya.

Tim Independen Polri bertolak menuju Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan sejak kemarin. Tim yang bertujuan untuk menelusuri kebenaran informasi dalam artikel Cerita Busuk dari Seorang Bandit ini akan kembali ke ibu kota pada hari ini.

No comments:

Post a Comment