Thursday 11 August 2016

Pemerintah Tawarkan Kilang Bontang ke Iran


Foto: Ditjen Migas

JAKARTA, Iran menyatakan berminat membangun kilang minyak baru di Indonesia dengan kapasitas di atas 100.000 barel per hari. Terkait hal itu, Pemerintah menawarkan proyek kilang Bontang yang akan dibangun di Kalimantan Timur.

“Usul dari Iran, dia ingin bangun kilang baru. Yang diusulkan mereka bisa (kapasitas) 100.000 barel per hari sampai ke atas, crude-nya dari dia,” ungkap Dirjen Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja di Jakarta, Selasa (9/8).

Pernyataan minat dari Iran itu dan sejumlah negara lainnya seperti Kuwait dan Cina, masih akan dibahas lebih lanjut. Pemerintah akan meminta proposal pembangunan kilang kepada Iran. Pada tahap awal ini, Pemerintah menawarkan kilang Bontang dengan skema kerja sama Pemerintah dan badan usaha.

Rencana pembangunan kilang Bontang hingga saat ini masih dalam tahap market sounding hingga September mendatang. Untuk mempercepat pembangunannya, tengah dibahas kemungkinan untuk dilakukannya penugasan dari Pemerintah.

Indonesia perlu membangun kilang untuk mengurangi ketergantungan impor BBM, menghemat devisa negara dan menjaga stabilitas nilai tukar serta memacu pertumbuhan industri domestik dan pasar tenaga kerja.  Kilang dalam negeri Indonesia saat ini, terutama milik PT Pertamina yaitu kilang Dumai, Sungai Pakning, Plaju, Cepu, Balikpapan, Kasim, Cilacap dan Balongan. Sementara kilang milik swasta yaitu Tuban/TPPI dan TWU. 

Sumber: Ditjen Migas

No comments:

Post a Comment