Friday 19 June 2015

Menteri ESDM : Investor Merindukan Pasar yang Sehat


Sudirman Said

JAKARTA, - Selama tujuh bulan menjabat sebagai Menteri ESDM, Sudirman Said telah melakukan penataan di lingkungan Kementerian ESDM. Atas tindakannya yang dianggap ‘kencang’ itu, Menteri ESDM kerap mendapat pertanyaan apakah tindakannya berakibat baik bagi bisnis. Menjawab hal itu, Sudirman meyakini bahwa investor yang serius, pasti merindukan pasar yang sehat. Penataan diperlukan untuk memberikan perlakuan yang sehat dan fair.

Menurut Sudirman dalam sambutannya pada acara Temu Ramah Menteri ESDM dengan Keluarga Besar Sektor ESDM, Selasa (16/6), penataan yang dilakukannya, antara lain dengan cara melakukan penyegaran organisasi dan berdiskusi dengan stakeholder untuk mencairkan kebekuan yang selama ini terjadi. “Saya melakukan diskusi dengan stakeholder untuk mencairkan kebekuan yang selama ini ada supaya bisa berdialog, bersinergi. Banyak sekali the bottle necking sehingga ini kita lakukan untuk menghilangkan sumbatan,” tambahnya.

Diakuinya, pada awal penataan dilakukan, suasananya sedikit ‘hangat’ dan hal itu telah diperkirakan sebelumnya. Namun yang jelas untuk ke depan, misi utama adalah membuat pasar yang lebih sehat. Baik itu pasar migas, listrik, minerba maupun energi baru terbarukan.

Untuk meningkatkan kinerja, Kementerian ESDM telah memiliki sejumlah agenda besar seperti meningkatkan porsi energi baru terbarukan serta mendorong konservasi energi. Khusus untuk migas, Pemerintah berencana meningkatkan cadangan dengan melakukan eskplorasi besar-besaran, menata kebijakan gas serta mempercepat pembangunan infrastruktur migas seperti gas kota, SPBG dan kilang.

Lebih lanjut Sudirman mengatakan,segala upaya penataan yang dilakukan Pemerintah bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan publik. “Jika tidak ada yang trust kepada kami (pemerintah), regulasi apapun tidak akan diterima dengan baik.

Sumber : Ditjen Migas

No comments:

Post a Comment