Sunday 5 April 2015

Gubernur Sumatera Utara Resmikan Pameran Batu Akik Di Stabat, Langkat


Liontin "Icon Besilam" bersertifikat No.NGR2015.ID-C2127

STABAT, Telukharunews.com – Gubernur Sumatera Utara yang diwakilkan Asisten bidang Ekonomi, Keuangan dan SDM, Riadil Akhir Lubis M.Si secara resmi membuka Pameran dan Kontes Batu Mulia Kabupaten Langkat yang digelar dari tanggal 2 sampai 5 April 2015 di Taman Budaya T.A. Hamzah Stabat Kamis, 02 April 2015
                                            
Menurut Riadil, potensi batu akik di beberapa wilayah di Sumatera Utara sangat melimpah dan prospeknya sangat menjanjikan bagi masyarakat setempat, bila dikelola dengan baik akan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sementara Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH menyatakan batu akik yang berasal dari Dusun Janggus Desa Lubuk Kertang Kecamatan Brandan Barat dan Kecamatan Sawitsebrang, Kabupaten Langkat sudah dikenal luas oleh masyarakat sejak tahun 80-an. Kedua daerah itu merupakan gudangnya batu akik di Sumatera Utara khususnya Kaupaten Langkat.

“Tujuan digelarnya Pameran dan Kontes Batu Akik adalah untuk menggali potensi batu akik yang ada di Kabupaten Langkat, sekaligus menambah wawasan bagi masyarakat para pecinta batu terhadap aneka ragam jenis batu akik yang ada di Nusantara,” ujar Bupati H Ngogesa dalam sambutannya.

Menjawab pertanyaan Telukharunews.com di ruang pendaftaran sebelum pembukaan pameran dan kontes batu akik, Asisten I Administrasi Pemerintahan Setda Kabupaten Langkat Drs. Abdul Karim, M.AP  menjelaskan selain memperebutan Piala Bupati yang terbuat dari batu akik karya Suyetno (intruktur perajin batu akik bersertifikat tingkat nasional yang juga perajin Sentra Batu Akik “Permata Yani” Janggus, red), pemenang kontes juga akan diberikan piagam dan hadiah berbentuk uang,” ungkap Wakil Ketua Panpel Pameran dan Kontes Batu Akik di Stabat Kamis (2/4).

Namun Karim belum bisa memberi bocoran jumlah uang yang bakal diterima oleh sang pemenang.

“Kita lihat saja nanti, saat penyerahannya pada acara penutupan dan pengumuman pemenangnya,” kilah Karim.

Sementara menurut salah seorang Panpel, sampai Sabtu, 4 April 2015 siang tercatat sebanyak 169 peserta kontes lokal dan sekitar 30 perserta berasal dari luar daerah. Penutupan pameran Minggu, 5 April 2015, namun apabila pengunjung masih ramai kemungkinan akan diperpanjang. Ungkap sumber. (fi)

No comments:

Post a Comment