Thursday 28 August 2014

Jero Wacik : Cantik, Kaya, Kok Pakai BBM Bersubsidi


Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik saat sidak ke salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Cideng. Foto ESDM

JAKARTA – Saat sidak ke salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Cideng, Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik sempat menegur pengemudi mobil mewah yang usai mengisi bahan bakar kendaraannya dengan BBM Bersubsidi jenis premium.

“ Kenapaa..cantik-cantik kok pake premium,” ujar Jero Wacik sambil berseloroh.
“ Nanti kan tahun 2015 pake pertamax,” jawab pengemudi mobil mewah.
“ Ooh 2015 akan pake pertamax, oooh engga...sekaranglah ya,” jawab Menteri.
“ Kalau orang sudah punya mobil bagus, itu berarti orang menengah atas dan subsidi itu hanya untuk orang miskin, yah..oke , yuk ..terima kasih,” imbuh Menteri.

BBM Bersubsidi dialokasikan pemerintah kepada golongan orang yang kurang mampu, bukan orang yang berpunya, yang memiliki mobil lebih dari satu atau mobil mewah. Berdasarkan survei yang dilakukan pemerintah, BBM Bersubsidi saat ini 70-77 persen dinikmati oleh orang yang tidak berhak, dengan kata lain subsidi tidaklagi tepat sasaran.Berbagai langkah diupayakan Pemerintah agar subsidi Rp 400 triliun per tahun dapat tepat sasaran.

“Temen-temen yang punya mobil, kategorinya sudah mampu belilah pertamax, jangan rebutan beli yang subsidi, kasih motorlah, apalagi yang mobilnya kategori bagus, mbok ya malulah sedikit, belilah yang non subsidi, barangnya ada, solarnya ada dan pertamaxnya ada,” ujar Menteri.

Sumber: ESDM

No comments:

Post a Comment