Friday 12 January 2018

Siklon Tropis Joyce di lepas pantai Eighty Mile Beach, Australia Barat


Siklon Tropis Joyce di lepas pantai Eighty Mile Beach, Australia Barat. Foto Google Earth/Telukharunews

JAKARTA, Berdasarkan hasil pengamatan Telukharunews melalui fasilitas Google Earth pada Kamis, 11 Januari 2018 pukul 16:27 WIB dapat diketahui posisi Siklon Tropis Joyce ketika itu berada di dekat koordinat 17°18'52.37"Lintang Selatan dan 121°42'17.34"Bujur Timur berjarak sekitar 1.053,70 km (202.82 derajat) sebelah selatan-Tenggara Kota Dilli, Timor Leste.

Sementara Biro Meteorologi Pemerintah Australia (Australia Barat) dalam situs resminya pada Jum’at, 12 Januari 2018 pukul 2:48 WST (Waktu Standar Australia Barat) merilis, Siklon Tropis Joyce di lepas pantai Eighty Mile Beach, di sebelah barat-Barat Laut Wallal. Diperkirakan bisa melintasi pantai dalam beberapa jam ke depan dan bergerak ke daratan malam ini.

Dalam rincian tentang Siklon Tropis Joyce pada pukul 14:00 AWST disebutkan intensitas Joyce adalah Kategori 1, angin yang bertahan di dekat pusat 65 kilometer per jam dengan hembusan angin sampai 95 kilometer per jam.

Lokasi: dalam 35 kilometer dari 19,7 derajat Selatan 120,5 derajat Timur, diperkirakan 15 kilometer Barat Laut Wallal Downs dan 210 kilometer Timur Laut Port Hedland.

Gerakan: barat-Barat Daya 10 kilometer per jam.

Topan tersebut saat ini berada di lepas pantai Eighty Mile Beach. Ini harus menyeberangi pantai dalam beberapa jam ke depan dan bergerak ke daratan, lalu melacak melalui pusat Pilbara dan pedalaman Gascoyne pada hari Sabtu. Ancaman angin dari sistem akan mereda semalaman, namun hujan deras cenderung berlanjut di dekat jalur sistem selama akhir pekan.

Di Indonesia, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika-Tropical Cyclone Warning Centre (TCWC) Jakarta dalam Buletin Informasi Siklon Tropis yang dikeluarkan pada Jum’at, 12 Januari 2018 pukul 09:25 WIB merilis mengenai kondisi Siklon Tropis Joyce pada hari yang sama pukul 07:00 WIB posisinya berada di koordinat 19,4°Lintang Selatan dan 121,0°Bujur Timur (sekitar 990 km sebelah selatan-BaratDaya Rote).

Diinformasikan Siklon Tropis Joyce bergerak ke arah selatan-Barat Daya dengan kecepatan 7 knots (14 km/jam) menjauhi wilayah Indonesia. Kecepatan Angin Maksimum 40 knots (75 km/jam).

Menurut BMKG-TCWC Jakarta, Siklon Tropis JOYCE  memberikan dampak terhadap kondisi cuaca di Indonesia, yaitu:

  • Hujan Sedang hingga Lebat berpeluang terjadi di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tengggara Timur.
  • Angin Kencang berpeluang terjadi di wilayah Jawa bagian Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.
  • Gelombang laut dengan ketinggian 1,25 hingga 2,50 meter di Laut Sawu, Selat Ombai, Selat Sumba bagian Barat.
  • Gelombang laut 2,50 – 4,0 meter di  Perairan selatan Bali hingga Pulau Sumbawa, Selat Bali – Selat Lombok – Selat Alas bagian Selatan, Perairan selatan Pulau Sumba – Pulau Sawu – Pulau Rote, Laut Timor selatan Nusa Tenggara Timur.

Editor: Freddy Ilhamsyah PA

No comments:

Post a Comment