Thursday 26 October 2017

Tinjauan: Stadion GBK Senayan Dilengkapi Kamera Pendeteksi Wajah


Stadion Gelora Bung Karno. Foto: netralnews.com  

JAKARTA, Meski telah direnovasi dan memenuhi standar internasional, tetapi faktor keamanan tetap menjadi prioritas utama di Stadion Gelora Bung Karno Senayan Jakarta menjelang Asian Games 2018. Dalam Tinjauan kali ini ada Direktur Pusat Pengelolaan Kompleks Bung Karno Senayan Jakarta, Winarto. Pertama ia menjelaskan tentang sistem keamanan terbaru yang dipasang di stadion.

Winarto mengatakan, sesuai dengan target semua arena akan selesai pada 31 Desember 2017. Selain itu ditambahkan juga unsur efisiensi dan pemanfaatan energi terbarukan, sebagai contoh stadion utama dilengkapi dengan pembangkit listrik tenaga surya 450 KWP.

Pemerintah Jepang memberikan bantuan sekitar lima juta dolar untuk pemasangan peralatan dengan teknologi terkini, CCTV dengan spesifikasi 7K yang bisa mendeteksi wajah dari ribuan pengunjung yang datang ke area stadion utama senayan. Data yang direkam dari kamera itu kemudian akan dicocokkan dengan wajah yang ada di dalam pusat daya, sebagai contoh apabila ada wajah yang tertangkap dalam kamera dan masuk dalam daftar terorisme, maka tanda peringatan atau alarm akan berbunyi. Sistem itu dapat membantu dalam pengamanan kawasan stadion utama dalam menghadapi kemungkinan terburuk.

Winarto menjelaskan terkait koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) maupun Densus 88 dalam mengoperasikan sistem ini. Badan yang memiliki data dan tentu bersifat rahasia tersebut yang akan mengoperasikannya saat acara berlangsung. Bahkan pengawasan ini sudah dimulai sejak di bandara Indonesia yang juga dilengkapi dengan video pendeteksi wajah yang sama. Penanggulangan ini tentu berkoordinasi dengan badan internasional, baik BNPT maupun Densus 88 memiliki jaringan internasional untuk pertukaran data global dengan sejumlah negara guna mencegah adanya teroris asing yang masuk.

Pengoperasian teknologi terbaru ini disebut-sebut juga bisa menjadi ajang pembelajaran bagi Jepang yang akan menggelar Olimpiade 2020 mendatang. Ini adalah sistem terbaru di dunia, belum banyak yang mempergunakannya. Kerja sama dengan Jepang juga termasuk pelatihan, pembelajaran, pengoperasian dan pemeliharaan alat tersebut serta aplikasi dari peranti lunaknya. Hal ini bisa menjadi proses pembelajaran bagi penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020. Ini adalah proses kerja sama yang baik sekali dalam penggunaan teknologi baru untuk pencegahan terorisme, kata Winarto. (NHK-World Indonesia)

1 comment:

  1. Bagi yang mampu berpikiran jernih setelah jadi BMI pasti sukses, pada dasarnya di perantauan cari modal dulu dan bekerja yg baik sampai kontrak finis, oh iya tidak lupa sy ucapkan terima kasih banyak kpd teman sy yg ada di singapura..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses sy baca. sy bsa kenal nma nya Mbah Suro Guru spiritual PESUGIHAN ANKA GHAIB TOGEL 2D sampai 6D dan PESUGIHAN DANA GHAIB. . pikir-pikir kurang lebih 7 tahun kerja jd Tkw di Hongkong hanya jeritan batin dan tetes air mata ini selalu menharap tp tdk ada hasil sm sekali. Mana lagi dapat majikan galak. salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh saja . . itu pun tdk cukup biaya anak di kampung. Tp sy beranikan diri tlpon nmr beliau untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Sy sudah bs pulang ke kmpung halaman buka usha skrg. jk tman minat ingin tlpn beliau . ini nmr nya +62 82354640471 & 082354640471 siapa tau anda bisa di bantu dan cocok sprti sy . aminn




    ReplyDelete